Azolla Pakan Ternak Bergizi

Azolla yang banyak mengambang di sawah ternyata mempunyai potensi besar sebagai pakan ternak. Azolla yang seringkali disebut ki ambang (Sunda) mempunyai nutrisi tinggi yakni kaya protein dan serat.


Protein azolla mencapai 26-30% dengan 9,1% serat dari total materi kering. Pemberian azolla sebanyak 6-10% dari total pakan harian sanggup mengurangi konsumsi pakan di hari berikutnya.


Contoh kelinci yang perlu pakan pelet 50 gram/hari, sesudah mengonsumsi azolla hanya cukup diberikan 35 gram pakan pelet per hari. Sudah begitu kehadiran azolla juga menciptakan daya tahan ternak meningkat alasannya ialah protein pada azolla sanggup meningkatkan sistem imunitas ternak.


Azolla juga gampang dibudidaya jikalau sulit diperoleh secara kontinu di sawah. Caranya ambil setengah baskom azolla di sawah, lantas taruh di wadah atau kolam. Sebagai pemacu tumbuh azolla, berikan 0,5 kg pupuk sangkar ayam dan 3 gram SP36 setiap meter persegi area budidaya. Dalam 4-7 hari azolla sanggup tumbuh berlipat ganda sampai populasinya mencapai 4-7 kali lebih banyak dibandingkan kondisi awal.


Belum ada Komentar untuk "Azolla Pakan Ternak Bergizi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel