Media Tanam Buah Tin

 Bahkan salah satu pot tin dengan tinggi sama disesaki buah tin aneka ukuran mulai dari se Media Tanam Buah TinTinggi batang formasi tin Ficus carica itu seragam: cuma sejengkal tangan orang dewasa. Toh di batang-batang sependek itu dijumpai satu-dua buah tin kehijauan menggelayut. Bahkan salah satu pot tin dengan tinggi sama disesaki buah tin aneka ukuran mulai dari seukuran kelereng sampai gundu.


Sejatinya tin termasuk tumbuhan yang genjah dan rajin berbuah. Beberapa jenis tin yang ditanam di tanahair antara lain blue giant, flanders, conadria, dan green jordan. Jenis-jenis itu populer adaptif di dataran rendah sampai dataran menengah.


Meskipun rajin berbuah dan adaptif, tumbuhan tin perlu komposisi media pas. Itu biar penampilan buah maksimal dari ukuran dan warna. Tanaman asal Asia Barat tersebut menyukai media tanam porous. Srihana, pehobi di Kendal, Jawa Tengah menggunakan adonan 40% sekam mentah, 30% serbuk sabut kelapa alias cocopeat, 10% pupuk kandang, dan 20% kompos.


Srihana menuturkan dengan komposisi media tanam tersebut, pertumbuhan tin subur dan lekas berbuah. “Untuk memacu pertumbuhan saya juga menawarkan 1 sendok pupuk booster NPK,” ujarnya. Pemberian itu dilakukan saban bulan dikala ukuran batang sebesar kelingking orang dewasa. “Bisa juga dikombinasi dengan menggunakan pupuk hayati,” kata laki-laki 54 tahun itu yang menyebutkan tumbuhan tin perlu sinar matahari penuh untuk memacu pembuahan.


Belum ada Komentar untuk "Media Tanam Buah Tin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel