Cara Menanam dan Merawat Tanaman Jenggot Musa (Spanish Moss) Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Jenggot Musa (Spanish Moss) Bagi Pemula – Jenggot musa, jenggot nabi atau spanish moss (Tillandsia usneoides) merupakan tumbuhan unik dari keluarga bromeliads (Bromeliaceae) yang habitatnya tumbuh menggantung pada dahan pohon. Tanaman jenggot musa ini berupa batang atau tunas yang sangat tipis dan meliuk-liuk, berbentuk menyerupai mata rantai dengan daun berukuran 2- cm dan lebar sekitar 1 mm sehingga terlihat menyerupai jenggot. Tak banyak yang tahu jikalau tumbuhan ini berbunga. Tanaman jenggot musa tidak membutuhkan media tanam untuk menanamnya alasannya ialah tumbuhan ini tidak mempunyai akar aeral sehingga sanggup eksklusif digantung atau ditempel.


Di habitat aslinya, tumbuhan jenggot musa hidup merambat dan menempl pada pohon besar. Tanaman ini mempunyai bentuk yang tidak beraturan. Namun jikalau ingin mengakibatkan tumbuhan jenggot musa ini sebagai tumbuhan hias, anda sanggup memotong dan merapihkannya dalam pot gantung.


Tanaman jenggot musa ini masih satu famili dengan nanas-nanasan, tumbuhan jenggot musa ini sanggup bertahan hidup dengan mengandalkan bulu halus yang ada di seluruh cuilan tubuhnya. Bulu halus tersebut mempunyai kegunaan menyaring uap air dan nutrisi dari udara. Karena keunikan cara hidup yang dimiliki tumbuhan ini, biasanya tumbuhan jenggot musa ini ditanam dengan menggantungkannya pada tali, kawat atau direkatkan dengan kayu. Mirip dengan tumbuhan bunga anggrek, namun tumbuhan jenggot musa ini tidak memerlukan pupuk dan air secara rutin alasannya ialah tumbuhan ini merupakan tumbuhan udara atau air plant.


Cara Menanam Tanaman Jenggot Musa


Untuk sanggup menumbuhkan atau menanam tumbuhan jenggot musa ini tergolong mudah, dengan memakai media kayu atau kerikil tumbuhan ini juga sudah sanggup tumbuh. Bibit tumbuhan ini sanggup diperoleh dengan membelinya di toko tumbuhan hias namun tidak gampang dan harganya juga cukup mahal.


Tanaman jenggot musa sanggup diperbanyak dengan cara split atau memisahkan anakan dari indukan. Anakan tersebut akan muncul sehabis masa berbunga. Ambil 2-3 anakan yang sudah cukup renta kemudian rekatkan dengan inang yang telah dicuci bersih.


Cara Merawat Tanaman Jenggot Musa


Penyiraman

Meskipun tumbuhan jenggot musa ini mengandalkan unsur hara yang ada di udara, bukan berarti tumbuhan ini tidak membutuhkan air. Maka, lakukan penyiraman secukupnya saja. Penyiraman tersebut dilakukan dengan menyemprotkan air memakai spray setiap pagi dan sore hari.


Pencahayaan

Pada habitat aslinya, tumbuhan jenggot musa tumbuh liar di hutan tropis. Sehingga, sinar matahari, harus ada setiap saat, tidak harus sinar matahari secara langsung, namun cukup gantungkan tumbuhan jenggot musa di ruangan pada ruangan eksterior di rumah anda.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Jenggot Musa (Spanish Moss) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Jenggot Musa (Spanish Moss) Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel