Kulit Buah Delima Bikin Langsing

Buah delima bagi Agatha memiliki manfaat besar, terutama kulitnya. Perempuan 63 tahun itu akan mengolah kulit delima dengan cara mencacah 1/4 kulit kemudian merebus dalam 2 gelas air menjadi segelas air dan meminumnya untuk sekali konsumsi. “Sebuah delima, kulitnya sanggup digunakan untuk 4 kali konsumsi,” ujar Agatha yang mengonsumsi air rebusan kulit delima sepekan 2-3 kali setiap sore itu.


Kesibukannya sebagai konsultan kesehatan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Utara dan perjuangan catering tidak menciptakan ibu 3 putri itu didera rasa lelah berlebihan. Kuncinya: tubuh langsing. Berat tubuh Agatha ketika ini yaitu 54-55 kg. Padahal rata-rata berat tubuh wanita sebayanya mencapai 65-70 kg karena mengalami kegemukkan alias obesitas.


Sejatinya kegemukan terjadi alasannya yaitu ketidakseimbangan antara asupan energi yang relatif berlebih ataupun alasannya yaitu asupan lemak yang berlebihan. The World Health Organization (WHO) dan The US National Institut of Health (NIH) mendefinisikan kegemukan terjadi kalau nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) seseorang berada di antara 25-29,9 kg/m2 atau berat tubuh lebih dari 20% dari berat tubuh normal.


Peran kulit delima sebagai pelangsing sudah diteliti. Riset Feli Rahayu, Idajani Hadinoto, dan Angelica Kresnamurti dari Jurusan Farmasi Universitas Katholik Widia Mandala, Surabaya, tertuang di Jurnal Obat Bahan Alam pada 2007, mengatakan pemakaian pelarut etanol 96% pada ekstrak kulit delima masak berdaging buah putih kekuningan bisa menurunkan nafsu makan tikus putih jantan galur wistar. Penurunan itu ditandai dengan menurunnya jumlah konsumsi pakan, berat badan, dan kadar leptin selama 14 hari percobaan.


Riset itu mengatakan kelompok yang diberikan ekstrak kulit delima 3 g/kg berat tubuh dengan konsentrasi 30% menurunkan jumlah konsumsi pakan tikus dari semula 7,94 gram menjadi 5,59 gram. Pengulangan sebanyak 2 kali mengatakan penurunan konsumsi pakan di atas 50%. Singkat kata riset itu menandakan tanin pada ekstrak kulit delima dengan pelarut etanol 96% berperan baik sebagai antiobesitas alias mencegah kegemukkan dengan mensugesti nafsu makan.


Bagaimana tanin bekerja? Tanin akan memperkecil pori-pori mukosa usus atau berperan sebagai astrigen sehingga mengurangi perembesan masakan yang menimbulkan menurunnya jumlah kalori terserap. Sebab itu tubuh akan terpaksa mengambil sumber kalori dari cadangan lemak. Itu alasan kulit buah delima bisa menurunkan berat badan.


Belum ada Komentar untuk "Kulit Buah Delima Bikin Langsing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel