Lebah Trigona Kaya Manfaat

Para peneliti mumi dahulu terkejut melihat mumi-mumi di Mesir itu tetap utuh meski berumur ribuan tahun. Salah satu materi pengawet mumi-mumi tersebut yakni propolis dari lebah trigona.


Sejatinya tugas propolis bagi lebah trigona antara lain untuk membungkus bangkai hama yang masuk ke dalam sarang. Propolis akan menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, cendawan, dan virus merugikan bagi koloni dan menjaga sarang tetap steril. Hama yang dibungkus dengan propolis juga infinit dan tidak bacin karena propolis bersifat antibakteri. Itulah sebabnya propolis digunakan ketika mengawetkan mumi di Mesir.


Lebah trigona memang seorang andal memproduksi propolis. Produksi propolis lebah anggota famili Meliponidae itu mencapai 80% atau 5 kali lebih tinggi daripada produksi propolis lebah seorang andal madu seperti Apis cerana dan A. mellifera yang mencapai 15%. Dalam satu koloni, produksi propolis trigona sanggup mencapai 3 kg/tahun, sedangkan lebah Apis berkisar 20-30 gram/tahun. Produksi propolis trigona melimpah karena insting alami.


Uniknya lebah trigona dikenal sebagai lebah tanpa sengat, tidak menyerupai lebah dalam genus Apis. Trigona yang tanpa sengat itu berupaya melindungi koloni dengan upaya yang lebih keras, yakni memproduksi propolis dalam jumlah besar. Sebab, dia tak memiliki alat atau senjata berpengaruh untuk mengendalikan predator, penyakit, dan parasit. Propolis menjadi senjata ampuh untuk melawan sebagai serpihan dari prosedur pertahanan lebah.


Jumlah trigona dalam koloni yang stabil sungguh luarbiasa banyak. Satu koloni lebah trigona mencapai 150.000 ekor. Sedangkan koloni gres beranggotakan sekitar 10.000-15.000 ekor dengan rata-rata dihasilkan 10% calon ratu.


Warna propolis beragam, meski umumnya cokelat gelap. Namun kadang kala ditemukan juga propolis berwarna hijau, merah, hitam, bahkan putih, tergantung dari sumber resin.


Yang menarik karena warnanya cokelat gelap itu, peternak sering menganggap propolis sebagai kotoran. Padahal khasiat propolis lebah trigona begitu besar, terutama sumber antioksidan, penetralisir radikal bebas di tubuh. Jumlah antioksidan propolis 403 kali lebih banyak daripada jeruk dengan total fenol 135,68 atau 320 kali daripada apel merah.


Belum ada Komentar untuk "Lebah Trigona Kaya Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel