Telur Puyuh Dan Daun Mengkudu

Berbahagialah para peternak puyuh. Mereka sekarang sanggup meningkatkan produktivitas telur dengan memanfaatkan daun mengkudu yang gampang dijumpai.


Penelitian Dr Ir Yuli Retnani, mahir pakan unggas dari Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat, mengungkapkan bahwa daun mengudu sanggup menciptakan bobot telur meningkat. Pemberian 9% daun mengkudu pada pakan sanggup menciptakan bobot telur meningkat mencapai 13 gram/butir dari sebelumnya 10 gram/butir.


Untuk peternak dengan total populasi puyuh 35.000 sanggup menggunakan pakan dengan komposisi sebagai berikut. Sekitar 38 kg tepung daun mengkudu dicampurkan dengan 637 kg pakan pabrikan.


Apa lagi kelebihan daun mengkudu? Ternyata daun mengkudu mengandung senyawa aktif menyerupai senyawa flavonoid. Flavonoid mempunyai kegunaan sebagai antibakteri, antioksidan, dan antibiotik alami. Itu artinya daun mengkudu sanggup menjadi antibiotik alami bagi puyuh yang mempunyai tingkat janjkematian tinggi di masa Day Old Quail (DOQ) atau puyuh umur sehari (4%).


Penyebabnya, anak puyuh tersebut rentan serangan kuman Salmonella typhimurium yang memicu penyakit diare. Aplikasinya sederhana dengan merebus 1 kg daun mengkudu kering dalam 1 liter air sampai tersisa 600 ml, kemudian dicampurkan pada air minum puyuh.


Belum ada Komentar untuk "Telur Puyuh Dan Daun Mengkudu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel