Resep Pupuk Kompos Jerami

Pupuk kompos atau bokashi merupakan pupuk yang dihasilkan melalui proses fermentasi materi organik menggunakan teknologi EM4 (Effective Microorganisms 4).


Pupuk kompos atau pupuk organik dengan teknologi EM4 itu mempunyai keunggulan alasannya yaitu sanggup diproduksi dalam waktu singkat karena EM4 mengandung banyak mikroba penting yang mempercepat proses fermentasi. Mikroba itu antara lain Azotobacter sp, Lactobacillus sp, basil fotosintetik, serta cendawan pengurai selulosa.


Pupuk kompos simpel dibentuk menggunakan bahan-bahan yang simpel dijumpai di sekitar lahan pertanian, menyerupai jerami, rumput, tanaman kacang-kacangan, sekam, pupuk kandang, serta serbuk gergaji. Pupuk kompos juga harus mengandung dedak alasannya yaitu beliau mengandung zat gizi yang manis untuk tumbuh dan kembang bagi mikroba.


Buat Pupuk Kompos Jerami


A. Bahan


10 kg jerami yang dicacah sampai berukuran panjang 5-10 cm, 0,5 kg dedak, 10 kg sekam, 2 sendok makan atau 10 ml EM4, 2 sendok makan molases atau limbah gula (bisa diganti 1 balok gula merah), dan air bersih.


B. Cara Buat


– Buat larutan menggunakan EM4, molases/gula merah, dan air (1:1:1).


– Jerami, sekam, dan dedak dicampur merata sebagai materi pupuk kompos.


– Siram materi pupuk kompos dengan larutan pertama sehingga terbentuk adonan. Adonan terbaik yaitu jikalau dikepal dengan tangan, maka tidak ada air keluar (kadar air 20%).


– Adonan selanjutnya dibentuk menjadi sebuah gundukan setinggi 20-25 cm. Tutup gundukan menggunakan karung goni selama 3-5 hari sebagai proses fermentasi. Selama proses tersebut, pertahankan suhu materi pupuk kompos pada suhu 40-50 derajat Celcius.


Suhu itu sanggup dirasakan dengan tangan, yakni bila materi dipegang terasa sedikit hangat. Bila suhu materi kompos lebih dari 50 derajat Celcius, buka karung epilog lantas bolak-balikan gabungan sebentar sebelum ditutup kembali.


– Setelah 5 hari bukalah karung goni dan pupuk kompos siap dipakai.


Proses fermentasi pupuk kompos berhasil apabila pupuk kompos ditumbuhi oleh cendawan berwarna putih dan aroma pupuk kompos sedikit berbau menyerupai tanah segar. Namun bila pupuk kompos yang dihasilkan berbau busuk, menunjukan pupuk kompos yang dibentuk tidak berhasil. Selanjutnya pupuk kompos pribadi digunakan, tetapi bila tidak keringanginkan terlebih dahulu selama 3-4 jam sebelum dimasukkan ke dalam plastik atau karung.


Belum ada Komentar untuk "Resep Pupuk Kompos Jerami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel