Edible Film Antimikroba Pengawet Daging

Salah satu teknologi pengawetan daging sapi diluncurkan oleh Balai Penelitian dan Pengemba Edible Film Antimikroba Pengawet DagingSalah satu teknologi pengawetan daging sapi diluncurkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.


Teknologi nonthermal yang lebih ramah lingkungan serta irit energi itu menggabungkan edible film yang terbuat dari gelatin kaki ayam yang telah dicampur alginat dan gliserol dengan materi aktif, yakni ekstrak bawang putih.


Kombinasi itu sanggup mempertahankan kesejukan daging sekaligus mengurangi kerusakan daging. Produk final teknologi non thermal itu berupa film transparan yang elastis dan gampang dibentuk.


Pemanfaatan gelatin dari kaki alias ceker ayam sebagai pengawet juga dilakukan oleh 3 mahasiswa dari jurusan kimia FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jawa Tengah. Mahasiswa-Ganjar Fadila, Rahmat Hidayat, dan Pramudita Putri Kusuma-membuat serbuk gelatin ceker ayam yang nantinya dibalurkan pada daging atau ikan sebagai pengawet. Pemakaian gelatin sebagai pengawet itu bertujuan untuk mengurangi pemakaian formalin yang berbahaya.


Riset yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui aktivitas kreativitas mahasiswa itu menunjukan kemampuan gelatin ceker ayam sebagai pengawet daging. Proses pembuatan gelatin ceker ayam sederhana. Pertama ceker ayam terlebih dulu dibersihkan dari kotoran dan lemak dengan cara merebus.


Salah satu teknologi pengawetan daging sapi diluncurkan oleh Balai Penelitian dan Pengemba Edible Film Antimikroba Pengawet DagingSelanjutnya ceker ayam direndam dalam larutan asam klorida (HCL) 5% selama 2 hari. Ampas yang dihasilkan dari proses yang disebut demineralisasi itu lantas dinetralisasi biar kandungan asam hilang dengan cara mencuci menggunakan air mengalir.


Berikutnya ampas itu diektraksi dengan cara memanaskannya di suhu 90 derajat Celsius selama  7 jam. Hasil final proses ekstraksi itu yakni larutan berwarna cokelat atau gelatin. Bila menjadi serbuk, gelatin dioven terlebih dahulu.


Dari riset 1 kg ceker ayam sanggup menghasilkan 100 gram gelatin yang berfungsi menahan sinar ultraviolet, menghalangi perkembangan mikroorganisme, dan mencegah oksidasi yang menjadikan amis tengik. Dari pengujian daging yang dibalur gelatin, daging sanggup tahan disimpan 3-4 hari dalam kondisi segar tanpa perubahan warna, tekstur, dan bau. Namun jika daging ditaruh pada kawasan dengan suhu 4 derajat celsius, masa simpan lebih panjang sampai 7-8 hari.


Belum ada Komentar untuk "Edible Film Antimikroba Pengawet Daging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel