Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Merbah Jambul Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Merbah Jambul Bagi Pemula Agar Sukses – Merbah jambul atau kutilang jambul (Pycnonotus jocosus) ialah jenis burung kicauan yang termasuk jenis burung merbah yang banyak dminati lantaran mempunyai bunyi kicauan yang cukup merdu dan juga perawatannya tergolong mudah.


Burung merbah jambul mempunyai hubungan kekerabatan sangat erat dengan jenis burung cucakrawa, kutilang dan juga jenis burung trucukan. Suara dan gaya berkicau burung ini dikala berlomba cukup menarik dan bervariasi.


Cara Ternak Burung Merbah Jambul


Cara Membedakan Burung Merbah Jambul Jantan dan Betina


Membedakan jantan dan betina burung mernah jambul tergolong cukup sulit, lantaran penampilan burung jantan dan betina burung merbah jambul hampir sama. Namun bahwasanya burung merbah jambul jantan praktis dibedakan dari burung yang betina, lantaran bunyi kicauannya juga terdengar lebih bervarisi.


Burung merbah jambul betian mempunyai bercak yang berwarna putih yang ada di bab pipi. Pada burung merbah jambul jantan juga ada bercak tersebut, namun bercak putih tersebut lebih memanjang. Sedangkan pada burung betina, bercak putihnya yang pendek serta membentuk ibarat abjad D.


Jika pangkal pengecap terlihat berbintik hitam, maka besar kemungkinan burung tersebut berjenis kelamin jantan.


Merbah jambul betina juga tampak bangun dalam posisi sedikit membungkuk. Untuk bab burung jantan lebih besar kalau dibandingkan yang berjenis yang betina.


Cara Menjodohkan Burung Merbah Jambul


Pertama biarkan burung jantan dan betina merbah jambul berkenalan, caranya dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar kedua calon induk selama beberapa hari. Saat sangkar ditempelkan, sebaiknya posisi tenggeran itu dibentuk sejajar. Dengan demikian, kedua burung sanggup saling berdekatan pada dikala mereka tidur atau istirahat.


Dari sikap tersebut, sanggup diketahui kalau kedua burung mau mendapatkan pasangan masing-masing. Setelah itu, proses perjodohan sanggup dilanjutkan dengan menyatukan keduanya dalam sangkar ternak.


Persiapan Kandang dan Sarang Burung Merbah Jambul


Sebainya, siapkan sangkar yang luas. Jika kesulitan lahan, sangkar sanggup dibentuk berbentuk kotak. Dalam sangkar diberi beberapa tanama semoga sesuai dengan habitat aslinya.


Bentuk sarang untuk burung merbah jambul ini sanggup berupa cawan terbuka yang terbuat dari materi plastik, logam, papan, atau dari batok kelapa.


Makanan Burung Merbah Jambul


Pakan yang sanggup diberikan pada burung merah jambul yaitu buah-buahan ibarat pepaya dan pisang. Berikan pula pakan komplemen berupa ulat hongkong dalam jumlah banyak. Khususnya pada dikala burung sedang merawat anak-anaknya, beri pakan komplemen lain ibarat jangkrik dan kroto setiap pagi secara teratur.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Merbah Jambul Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Merbah Jambul Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel