Obat Cacing Sapi, Kambing, Dan Domba

 kehadiran cacing kelompok nematoda cukup menciptakan binatang ternak menyerupai sapi Obat Cacing Sapi, Kambing, Dan DombaMeskipun jarang mengakibatkan kematian, kehadiran cacing kelompok nematoda cukup menciptakan binatang ternak menyerupai sapi, kambing dan domba menderita. Cacing kelompok nematoda atau cacing gilig yang hidup di usus sanggup mengisap sari makanan yang diperlukan bahkan memakan jaringan tubuh.


Sejumlah besar cacing kelompok nematoda di usus bahkan mengakibatkan sumbatan (obstruksi) usus serta menjadikan aneka macam macam reaksi badan sebagai akhir racun yang dikeluarkannya.


Beberapa cacing kelompok nematoda itu antara lain Haemonchus contortus. Haemonchus bisa mengisap darah ternak dengan rakus sampai sebanyak 0,049 ml darah/hari. Efeknya binatang ternak akan mengalami anemia alias kekurangan darah dan mengalami kerusakan usus.


Ternak terinfeksi cacing itu juga akan mengalami busung di bawah rahang dan diare. Pada kambing bahkan sanggup mengakibatkan final hidup sebelum diare itu muncul. Gejala lain ialah penurunan bobot tubuh, pertumbuhan melambat, dan terjadi penurunan produksi susu. Jenis lain cacing kelompok nematoda ialah Toxocara vitulorum yang menyerang plasenta sehingga menciptakan anak sapi yang hidup mengalami gangguan pertumbuhan.


Pada kambing dan domba waspadai kehadiran Bunostomum sp alias cacing kait. Cacing sepanjang 12-17 mm (jantan) dan 19-26 mm (betina) itu hidup di usus halus kambing dan domba. Cacing kait mengakibatkan kambing dan domba mengalami anemia, terlihat kurus, kulit kasar, bulu kusam, nafsu makan turun, badan lemah, serta kotoran lunak.


Kerugian besar akhir cacing kelompok nematoda itu pula yang mendorong UPBS Veteriner BBALITVET di Bogor, Jawa Barat, mengeluarkan obat cacing nematoda yang mengandung larutan antelmintik. Obat cair yang diberikan secara oral itu terbukti efektif menekan populasi cacing kelompok nematoda di badan sapi, kambing, dan domba sehingga binatang ternak itu hidup sehat.


Belum ada Komentar untuk "Obat Cacing Sapi, Kambing, Dan Domba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel