Gairah Mancing Lele

 menit mendadak Ayung menyentak keras tali pancingnya Gairah Mancing LeleSetelah menunggu selama 5 menit mendadak Ayung menyentak keras tali pancingnya. Wajahnya sumringah. Otot-otot tangannya tampak mengeras menahan laju sang lele yang terus meronta-ronta dan bergerak ke arah berlawanan. Dengan sabar laki-laki yang menetap di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan itu mengulung tali pancing. “Asik dan garang menariknya,” ujar ayah 2 putra itu.


Pemandangan itu sanggup disaksikan di pemancingan lele Empang Betawi Ngumpul di Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa. Ayung hanya salah satu para pengail yang kesemsem memancing lele. Contoh lain Iwan. Berbekal burayak patin dan cacing tanah laki-laki 52 tahun itu mengadu nasib mengail ikan bersungut itu. Pada sesi mancing pertama mulai pukul 14.00-17.00 kakek 1 cucu itu berhasil mengail 6 lele berbobot rata-rata 1,5-2 kg. “Tarikan lele berbeda dibandingkan ikan mas dan patin. Lebih kuat,” katanya.


Kolam pemancingan Empang Betawi Ngumpul hanya salah satu bak pemancingan lele yang sekarang tengah tren. Di seputaran Kecamatan Jagakarsa setidaknya terdapat 9 pemancingan lele serupa dengan luas bak rata-rata 1.000-1.500 m2. Untuk bak seukuran itu biasanya pemilik bak membenamkan antara 2-2,5 ton lele. Harga tiket mancing rata-rata Rp60.000 per 3 jam. Dalam sehari biasanya digelar 2 kali sesi mulai pukul 14.00-17.00 dan 19.30-22.30.


Yang menciptakan Ayung dan Iwan menyukai memancing Clarias sp itu alasannya yaitu ukuran lele yang dipancing masuk kategori lele bapukan. Lele bapukan yaitu lele jumbo berbobot minimal 1 kg dengan panjang badan sampai ukuran lengan orang dewasa.


 menit mendadak Ayung menyentak keras tali pancingnya Gairah Mancing LeleDi bak Betawi Ngumpul lele bapukan terbesar berbobot sampai 9 kg. Lima tahun kemudian lele bapukan nyaris tidak mempunyai nilai karena tidak masuk kategori konsumsi. Paling banter nasibnya hanya berujung di kolam-kolam rumah makan.


Memancing lele ternyata tidak seheboh ikan mas atau patin dari sisi umpan. Menurut Ayung umpan memancing lele murah meriah. Ayung memakai 3 jenis umpan yakni anakan ikan, cacing tanah, dan pelet yang dihaluskan serta dicampur telur angsa dan sedikit cacahan daging sapi. “Satu kali mancing biaya umpan hanya Rp30.000,” katanya. Nilai yang mini, tapi sensasi yang maksi.


Belum ada Komentar untuk "Gairah Mancing Lele"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel