Olah Rebung Bambu Tabah

Rebung bambu sabar berkualitas populer yummy Olah Rebung Bambu TabahRebung bambu sabar berkualitas populer lezat. Rebung menyerupai itu berdasarkan Dr Ir Ketut Pande Diah Kencana MS, staf pengajar Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana di Bali diperoleh dengan cara pemanenan yang baik.


“Hasilnya rebung bambu yang memenuhi standar undangan pasar,” katanya kepada kontributor bebeja.com, Faiz Yajri.


Menurut Diah terdapat 4 hal penting yang sanggup menurunkan mutu rebung bambu segar sesudah panen. Pertama, kerusakan fisiologis akhir terjadinya respirasi dan penguapan sehingga bobot rebung berkurang.


Kedua, kerusakan fisik akhir luka ketika pemotongan dan pengupasan. Ketiga, proses browning alias pencokelatan rebung akhir oksidasi oleh enzim dan Rebung bambu sabar berkualitas populer yummy Olah Rebung Bambu Tabahudara, dan terakhir, kerusakan mikrobiologis akhir pertumbuhan mikroba. Mikroba mengakibatkan rebung melunak alias lembek serta mengeluarkan amis menyengat.


Agar mutu rebung terjaga, doktor pertanian dari Universitas Brawijaya itu menyarankan pengolahan rebung maksimal 2-3 jam pascapanen. Panen sebaiknya pada pagi hari untuk menghambat laju respirasi.


Sedangkan untuk mencegah terjadinya pencokelatan, sanggup diberikan materi kimia menyerupai welirang dioksida, natrium bisulfit, asam askorbat, dan garam. Cara lain dengan menonaktifkan enzim polifenol oksidase penyebab pencokelatan dengan pemanasan.


Jika pekebun menunda proses pengolahan, simpan rebung di ruang bersuhu kurang dari 50 derajat Celcius atau memakai lemari pendingin biar tidak rusak.


Rebung bambu sabar berkualitas populer yummy Olah Rebung Bambu TabahRebung sabar berkualitas sanggup diperoleh dari rumpun bambu berumur 3 tahun. Rebung tersebut sesudah dikupas berwarna putih higienis kekuningan, tidak berongga, dan panjang rata-rata 20 cm. Pembersihan akan menurunkan bobot rebung sampai 40%, tapi akan tertutup dengan harga jual yang lebih tinggi.


Rebung selanjutnya sanggup diolah dengan mengemas ke dalam plastik vakum supaya tahan lama. Cara lain dengan memasukkan rebung ke dalam botol steril, menambahkan larutan garam, dan asam askorbat, dan mensterilisasi. (Foto koleksi Dr Ir Ketut Pande Diah Kencana MS)


Belum ada Komentar untuk "Olah Rebung Bambu Tabah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel