Petai Okulasi, Cara Cepat Panen Petai

Menanam petai dari biji setidaknya memerlukan waktu minimal  Petai Okulasi, Cara Cepat Panen PetaiMenanam petai dari biji setidaknya memerlukan waktu minimal 5 tahun supaya si empunya tanaman itu sanggup memanen buahnya. Selain cukup usang waktu panennya, tanaman Parkia speciosa asal biji itu lazim berukuran besar dengan tinggi menjulang sampai di atas belasan meter. Nah seringkali dengan tinggi tersebut agak menyulitkan memanennya. Toh petai asal biji unggul karena sanggup mencapai umur puluhan tahun.


Bagaimana kalau ingin memanen petai dalam waktu singkat? Tanamlah petai okulasi. Petai okulasi merupakan petai dengan batang bawah pohon kedawung (peundey-Sunda; petai kerayung-Melayu) yang diberi ditempel mata tunas petai unggul.


Selain genjah alasannya yaitu si empunya sanggup memanen buah pada umur 2-3 tahun, sosok tanaman pun pendek, dengan tinggi 3-4 meter, dan mempunyai percabangan rendah. Memanen buah petai sanggup menyerupai memetik buah mangga.


1. Siapkan batang bawah dengan menyemai biji kedawung yang kering dan tua. Cara menyemai supaya cepat berkecambah yaitu dengan memotong menggunakan gunting atau pisau sedikit bab salah satu ujung dari biji (yang tidak ada embrionya)


2. Rendam biji kedawung dalam air selama 24 jam untuk memecah masa dormansi


3. Semai biji pada bedengan yang terdiri dari media tanah dan pupuk sangkar kambing atau sapi (1:1) dengan jarak 20 cm x 20 cm


4. Rawat dengan penyiraman teratur selama 4 bulan sampai bibit mencapai besar seukuran jempol orang dewasa


Menanam petai dari biji setidaknya memerlukan waktu minimal  Petai Okulasi, Cara Cepat Panen Petai5. Lakukan okulasi dengan cara menyayat sebuah bidang berukuran 2 cm x 1 cm pada kedawung. Posisi bidang minimal 20 cm dari pangkal batang


6. Tempelkan mata tunas dari ranting petai yang sudah dipilih dengan ukuran sama menyerupai bidang sayatan pada kedawung. Ikat keliling dengan tali rafia


7. Amati selama 3 minggu. Apabila mata tunas yang ditempel tetap kehijauan atau menyerupai warna ketika diambil dari pohon induk, tanda okulasi berhasil. Namun sebaliknya kalau berwarna cokelat, tanda gagal.


8. Seminggu berikutnya potong batang sekitar 3 cm di atas hasil okulasi untuk lebih merangsang tumbuhnya mata tunas itu.


9. Petai okulasi siap dipindah ke lahan pada ahad berikutnya.


Belum ada Komentar untuk "Petai Okulasi, Cara Cepat Panen Petai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel