Resep Pakan Sapi Juara

 Namun sapi milik Ng Warta asal Bali yang pernah menjadi juara Kontes Ternak Nasional pada Resep Pakan Sapi JuaraBerapa bobot sapi jantan umur 2 tahun? Rata-rata bobotnya berkisar antara 260-300 kg. Namun sapi milik Ng Warta asal Bali yang pernah menjadi juara Kontes Ternak Nasional pada 2010 sanggup mencapai bobot 419 kg. Bahkan sapi bali milik Wayan Suwindia asal Kabupaten Tabanan sanggup mencapai bobot sampai 429 kg.


Selain faktor genetik, tunjangan pakan menjadi salah satu kunci. Apa resep pakannya?


Sapi jantan milik Ng Warta sanggup berbobot besar karena menerima pakan istimewa. Pakan itu berupa pakan hijauan 3 kali sehari yang dikombinasi dedak.


Setiap hari sapi jantan itu mengonsumsi 3 kg dedak yang dilarutkan terlebih dahulu ke dalam 10 liter air bekas cucian beras. Sebelum diberikan adonan dedak dan air cucian beras itu dimasak sampai mendidih. Baru 15-20 menit sehabis dingin, adonan itu sanggup diberikan pada sang sapi.


Resep lain ialah menunjukkan adonan pakan dedak dan singkong, selain pakan hijauan. Air minumnya diberi adonan garam dan molases alias tetes tebu. Hasilnya? Seekor sapi brangus milik peternak di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diberikan kompoisis pakan tersebut sanggup mampu mencapai bobot sampai 900 kg pada umur 2,5 tahun. Perlakuan pakan itu berlangsung semenjak sapi brangus berumur satu tahun.


Belum ada Komentar untuk "Resep Pakan Sapi Juara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel