Pepaya Pakai Mulsa Plastik

 pengendalian gulma secara intensif dilakukan semenjak tanaman pepaya berumur  Pepaya Pakai Mulsa PlastikPada budidaya pepaya, pengendalian gulma secara intensif dilakukan semenjak tanaman pepaya berumur 1-5 bulan.


Selepas 5 bulan pengendalian gulma dilakukan setiap 2-3 bulan sekali karena tajuk tanaman sudah saling menutup.


Namun seringkali pekebun abai sehingga gulma dibiarkan tumbuh merajalela. Hal itu ternyata cukup kuat karena kehadiran gulma antara lain sanggup mengakibatkan kompetisi masakan terutama mineral hara dan menjadi inang banyak sekali penyakit.


Pekebun biasanya menggunakan cara mudah dengan menggunakan herbisida. Sayang herbisida seringkali tidak efektif, bahkan meninggalkan residu yang sanggup terserap tanaman dan terakumulasi di buah.


Pekebun pepaya di Taiwan mempunyai cara mengatasi gulma tersebut dengan menerapkan pemakaian mulsa plastik perak hitam. Caranya persis menyerupai dilakukan pekebun cabe merah di tanahair. Bedengan daerah pepaya tumbuh ditutupi mulsa. Tebal mulsa hanya selembar.


Pemakaian plastik mulsa itu juga terbukti sanggup meningkatkan produksi pepaya selain keseragaman ukuran buah. Hal itu juga dikombinasi dengan tunjangan pupuk yang tepat (Foto: Courtesy of Kuo Kuan).


Belum ada Komentar untuk "Pepaya Pakai Mulsa Plastik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel