Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul

 Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten GunungkidulPantai Baron di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata. Di salah satu pojok pantai itu terdapat lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Namun bukan di TPI itu yang menjadi favorit pengunjung yang singgah. Persis di samping TPI itu terdapat bangunan lain yang berisi pedagang ikan segar dan olahan siap santap.


Salah satu hidangan favorit yang banyak dijajakan sebagai oleh-oleh ialah udang goreng tepung. Udang itu merupakan hasil tangkapan nelayan. Harganya cukup tidak mengecewakan mencapai Rp100.000/kg. Namun itu sebanding dengan rasanya yang meminjam istilah praktisi kuliner kondang Bondan Winarno, “Maknyusss”. Selain udang, penjaja juga menjual pecahan ikan-ikan tangkapan nelayan yang juga telah digoreng menggunakan tepung.


Riset Widyawati Angga Yuliesa dari Universitas Negeri Yogyakarta pada 2012 mengungkapkan terdapat 27 jenis ikan dari 19 famili dan 8 ordo yang teridentifikasi merupakan hasil tangkapan nelayan dan dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ibarat hiu, pari pasir, kakap, lemuru, dan julung-julung. Namun dari jenis-jenis ikan itu, favorit pengunjung ialah kakap dan tuna. “Ikan-ikan itu disukai sebab rasanya gurih,” ujar Ngatirah, pedagang setempat.


Sejatinya pasokan ikan itu tak hanya dari sekitar lepas Pantai Baron semata. Para pedagang seringkali harus membeli tangkapan ikan dari nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. Sedangkan udang dibeli dari nelayan di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Hal itu terjadi karena pedagang kesulitan memperoleh kontinuitas pasokan ikan dari nelayan setempat di Pantai Baron. Padahal wisatawan lokal dan mancanegara yang tiba hanya mengetahui bahwa di Pantai Baron terdapat pedagang yang menyediakan ikan segar serta siap santap setiap waktu kapan saja mereka datang.


 Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul  Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul  Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul  Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul  Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul


 Yogyakarta tidak hanya menunjukkan pesona landskap pantai semata Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul


Belum ada Komentar untuk "Pasar Ikan Di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel