Lebatkan Mangga Kiojay Ala Purnama

Pohon mangga kiojay milik Purnama Hadi di Sleman Lebatkan Mangga Kiojay Ala PurnamaPohon mangga kiojay milik Purnama Hadi di Sleman, Yogyakarta memiliki bobot buah besar. Bobot buah matang mangga introduksi dari Thailand tersebut mencapai 2 kg bahkan lebih. Yang terpenting pohon mangga kiojay milik pehobi burung kicauan itu selalu lebat berbuah. Resepnya?


Sejatinya Purnama hanya melaksanakan kombinasi pemangkasan dan pemupukan. Pada ketika memangkas, dia membuang sedikit pucuk dari semua cabang terluar, berbuah atau tidak serta cabang yang dijumpai buahnya rontok. Cara itu dilakukan sebelum panen dan masih menyisakan tangkai buah. Menurut Purnama pemangkasan itu cukup memicu tumbuh tunas gres secara serempak.


“Cabang yang tunasnya tumbuh kurang baik juga dipangkas. Cabang ini biasanya berada di sisi dalam tajuk terluar,” ujar ayah 2 anak itu. Pun tunas gres yang sedikit memperoleh sinar matahari juga dipangkas. “Sebaiknya waktu pemangkasan dilakukan pada awal animo kemarau,” tuturnya.


Pemangkasan juga diikuti dengan pinjaman pupuk beragam NPK 16:16:16 untuk mempercepat tunas tumbuh. Pemberian itu dikombinasi dengan pinjaman pupuk sangkar kambing dan pupuk KNO3 alias potassium klorat sesuai takaran untuk mendorong fase generatif alias berbuah. “Khusus pupuk sangkar diberikan paling pas ketika berbunga dan setelah panen,” kata Purnama.


Belum ada Komentar untuk "Lebatkan Mangga Kiojay Ala Purnama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel