10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai

Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina, teknik ini merupakan seni mengkerdilkan pohon biar terlihat indah dan menarik. Tanaman bonsai merupakan bentuk karya seni yang berwujud hidup. Tetapi nilai seni tersebut akan berkurang bila tumbuhan bonsai tidak dirawat dengan baik. Untuk itu dalam menciptakan tumbuhan bonsai dengan bentuk yang unik memerlukan keahlian khusus. Suatu tumbuhan sanggup dikatakan sebagai tumbuhan bonsai bila memenuhi syarat utama yaitu dari segi ukuran, bentuk dan umur.


Ada beberapa jenis bonsai yaitu Bonsai Serut, Bonsai Kelapa, Bonsai beringin dan masih banyak yang lainya. Bonsai mempunyai banyak sekali macam ukuran mulai dari yang sangat kecil, kecil , dan kerdil. Jika di alam tumbuhan tersebut sanggup tumbuh sampai puluhan meter, maka kalau memakai teknik bonsai mempunyai ukuran sekitar 1,5m yang tergolong dalam bonsai kerdil.


Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina 10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai


Ciri Tanaman Bonsai


Di Indonesia bonsai biasanya dipakai sebagai dekorasi eksterior dan interior sehingga menambah kesan eksotis tempat atau ruangan. Tidak semua jenis tumbuhan sanggup dijadikan sebagai tumbuhan bonsai, pemilihan jenis tumbuhan untuk bonsai erat kaitannya dengan bakalan bonsai yang akan dipelihara. Berikut ini ciri-ciri tumbuhan yang cocok untuk dijadikan Bonsai



  • Tanaman Dikotil

    Tanaman dikotil cocok untuk dijadikan bonsai alasannya kelebihan tumbuhan bonsai ialah bisa menyesuaikan diri dilahan sempit menyerupai dalam pot dan mempunyai batang yang berkambium dengan struktur kuat.



  • Mampu Beradaptasi

    Tanaman bonsai harus mempunyai ketahanan menyesuaikan diri pad alingkungan sempit, tidak terkena air dan sinar matahari, alasannya biasanya bonsai diletakkan didalam ruangan.



  • Dapat Berumur Panjang

    Ciri ciri tumbuhan yang cocok untuk dijadikan bonsai yaitu harus berumur lebih lama. Karena untuk menciptakan bonsai yang menarik dan unik dibutuhkan proses yang cukuk usang untuk mendapat keindahan yang diinginkan.



  • Berdaun lebat dan tidak gampang rontok

    Tumbuhan yang mempunyai daun lebat biasanya mempunyai pertumbuhan yang lambat. Apalagi kalau tumbuhan mempunyai ukuran daun kecil dan tidak gampang rontok, akan membantu proses pembentukan bonsai.



  • Memiliki bentuk indah alami

    Salah satu daya tarik bonsai ialah bentuk tumbuhan yang indah secara alami. Baik tumbuhan mempunyai bentuk akar, batang, daun, bunga sampai buah. Dengan sentuhan teknik pembentukan khusus maka tumbuhan akan nampak proporsional.


Jenis Tanaman Untuk Bonsai


Bonsai Tanaman Adenium


Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina 10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai


Tanaman adenium mempunyai karakteristik yang cocok untuk dijadikan sebagi bonsai. Adenium mempunyai bunga bagus dan daun yang lebat, batangnya berpengaruh dan gampang untuk dibentuk, selain itu nilai tambah sari bonsai ini ialah mempunyai akar yang berbonggol unik.


Bonsai Tanaman Asam Londo


Asam londo berbeda dengan asam jawa, asam londo sengaja didatangkan dari luar negeri khusus untuk dibuat menjadi tumbuhan bonsai. kelebihan asam londo yaitu mempunyai umur yang panjang, mempunyai batang yang kokoh dan bentuk yang unik. Sehingga banyak diminati untuk dijadikan sebagai tumbuhan bonsai.


Bonsai Tanaman Beringin Karet


Tanaman beringin karet mempunyai batang yang gampang untuk dibuat hal ini alasannya batangpohon beringin mempunyai karakteristik akar yang elastis menyerupai karet. Pohon beringin pula mempunyai bentuk yang bagus dan emnarik sehingga cocok untuk dijadikan sebagi tanamn bonsai. Pohon beringin juga mempunyai daun yang rimbun sehingga akan menambah daya tarik tersendiri kalau dijadikan tanamn bonsai.


Bonsai Cemara Duri


Tanaman cemara merupakan tumbuhan yang mempunyai tekstur kayu yang keras dan serat kayu yang melingkar unik dan bisa bertahan sangat usang bahkan ada jenis cemara yang bisa bertahan tumbuh sampai ratusan tahun. Oleh alasannya itu banyak pecinta bonsai banyak memakai jenis tumbuhan ini untuk dijadikan sebagai tumbuhan bonsai. Cemara duri mempunyai bentuk daun yang meruncing serta sangat banyak, batang pohon ini juga sangat gampang dibuat sehingga akan menghasilkan bentuk tumbuhan bonsai yang unik dan menarik sesuai dengan teknik bonsai yang dilakukan.


Bonsai Tanaman Santigi


Di Taiwan tumbuhan ini jenis ini sangat terkenal untuk dijadikan bonsai, sedangkan di Indonesai masih belum banyak yang tahu. Hal ini dikarenakan santigi tergolong jenis tumbuhan yang belum usang dipakai sebagai bonsai. Santigi mempunyai 2 jenis yakni santigi gunung dan santigi laut, jenis yang pertama hidup di habitat bersahabat pantai sedangkan yang kedua menyukai tempat tinggi.


Bonsai Tanaman Bougenville


Daya tarik dari bonsai jenis tanamn bougenville terletak pada bunganya yang sangat menawan. Bunga bougenville terkenal dengan warna yang cerah mempesona. Jika tumbuhan ini berbunga lebat maka akan menambah daya tarik tersendiri bagi pecinta tumbuhan bonsai.


Bonsai Tanaman Azalea


Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina 10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai


Tanaman azalea merupakan tumbuhan dengan mempunyai bunga yang sangat indah. Tanaman ini banyak dibuat bonsai di negara Cina. Sedangkan di Indonesia tumbuhan ini belum banyak yang memakai sebagai tumbuhan bonsai. Bunga ini mempunyai bunga yang berwarna cerah dan menawan. Warna lebih banyak didominasi dari bunga ini berwarna merah, alasannya itulah banyak etnis cina meyukai bonsai dari tumbuhan ini.


Bonsai Pohon Beringin




Beringin mempunyai kelebihan dan keunggulan apabila dijadikan tumbuhan bonsai, yaitu pada pohon beringin mempunyai daun yang rimbun, akar sanggup dibuat dalam banyak sekali gaya, dan sangat gampang menyesuaikan diri dan menyesuaikan diri dalam media yang terbatas. Beringin disebut juga sebagai bonsai khas Indonesia. Jenis beringing sangat beragam, namun yang sering dijadikan tumbuhan bonsai yaitu beringin filipina.


Bonsai Tanaman Jeruk


Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina 10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai


Banyak jenis jeruk yang menarik untuk dijadikan bonsai. Daya tarik utama bonsai jeruk ialah paduan antara tumbuhan kerdil dengan buahnya yang berwarna oranye cerah atau hijau serta beraroma khas. Untuk mengimbangi keindahan buah yang dimiliki tumbuhan jeruk, disarankan menentukan tumbuhan jeruk yang berbentuk pohon dan bukan yang berbentuk semak atau perdu.


Bonsai Tanaman Kupa Landak


Bonsai dari jenis tumbuhan ini banyak diminati para eksportir alasannya keindahan batang, daun dan buahnya sangat harmonis. Masyarakat umum menyebut tumbuhan ini dengan sebutan rukam. Tanaman kupa landak mempunyai daun beragam dengan posisi tersebar, dengan bentuk lonjong. Berbatang kayu, tegak lingkaran berduri dengan warna putih kotor.


Terimakasih masih setia dengan postinga FaunadanFlora.Com semoag info yang diberikan bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel