Mengenal Lebih Dekat dengan Bangau Tongtong

Bangau tongtong dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama latin Leptoptilos javanicus. Dikenal juga dengan nama Lesser Adjutant. Bangau tongtong merupakan Burung rawa berukuran besar ini termasuk dalam keluarga Ciconiidae. Ciri khas dari keluarga ini yaitu mempunyai leher dan kepala tanpa bulu.


Bangau tongtong yaitu spesies burung dari familia bangau atau Ciconiidae. Tersebar di selatan Asia mulai dari India timur hingga Pulau Jawa.


Bangau tongtong dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama latin Mengenal Lebih Dekat dengan Bangau Tongtong


Habitat dari burung Bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus) hidup berpasangan, tempat hidupnya di tempat perairan atau erat dengan air, ibarat tempat rawa-rawa, tambak, persawahan dan erat pantai.


Menurut data Red List IUCN, populasi bangau tongtong secara global berada pada status “Rentan (VU)”.


Ciri yang dimiliki oleh jenis burung bangau ini yaitu mempunyai tinggi sekitar 110-120 cm, berat 5 kg dan rentang sayap 210 cm. Spesies ini yaitu yang terkecil dalam genus Leptoptilos. Bagian atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut, kalung leher dan bab bawah ekor berwarna putih.


Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa. Bangau ini, ibarat jenis-jenis bangau lainnya, memangsa ikan, kodok, kadal, serangga besar, dan invertebrata lainnya.


Daerah penyebaran bangau tongtong mencakup India bab Timur Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Singapore, Indonesia dan Cambodia. Populasi paling banyak ditemukan di India, tepaynya di sebelah Timur Assam, Bengal Barat dan Bihar. Namun mereka sangat langka di wilayah India bab Selatan.


Bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus) biasanya hidup berpasangan dan sarang dibentuk dari cabang-cabang kayu yang kasar. Sarang yang dibuatnya diletakkan di atas cabang-cabang kayu yang besar dan tinggi.pada ketika demam isu kawin mereka akan membentuk sebuah koloni. Musim kawin mereka terjadi sekitar bulan Februari hingga Mei di India Selatan, dan November hingga Januari di India bab Utara.


Sarang burung bangau tongtong terbilang besar dengan diameter mencapai lebih dari satu meter dengan ketebalan mencapai 1 meter juga. Biasanya mereka akan bertelur sekitar 3 hingga 4 butir sebelum dierami. Mereka memang populer tenang, tetapi ketika berada di sarang mereka sering kali menciptakan suara-suara ibarat mencicitkan paruhnya, mendesis atau mengerang.



Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Ciconiiformes

Famili: Ciconiidae

Genus: Leptoptilos

Spesies: L. javanicus

Nama binomial: Leptoptilos javanicus



Sekian warta yng diberikan,semoga bermanfaat 🙂


Baca Artikel Terkait :




Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat dengan Bangau Tongtong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel