Teknik, Cara dan Langkah Mudah Membuat Bonsai Kelapa

Teknik, Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa – Tanaman bonsai memang selalu mempunyai daya tarik tersendiri, selain bonsai serut dan bonsai beringin, salah satu jenis bonsai yang terkenal di Indonesia lainnya yaitu bonsai kelapa. Bonsai merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang banyak diminati oleh banyak orang. Bukan alasannya tumbuhan bonsai mempunyai bntuk dan unik, selain itu alasannya tumbuhan bonsai juga sanggup menjadi peluang bisnis yang bagus.


Tanaman bonsai kelapa banyak diminati alasannya harganya yang tidak terlalu mahal, selain itu jenis bonsai ini gampang tumbuh diberbagai lingkungan. Karena itulah bonsai kelapa menjadi salah satu jenis tumbuhan bonsai yang terkenal di Indonesia. Harga jenis tumbuhan bonsai berkisar 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan bentuk bonsai.


Namun untuk anda yang ingin menciptakan tumbuhan bonsai kelapa sendiri, kali ini fauna dan flora akan memperlihatkan panduan untuk anda wacana cara bagaimana menciptakan bonsai kelapa. Tahapan yang dilakukan untuk menciptakan tumbuhan bonsai kelapa hampir sama dengan menciptakan jenis bonsai beringin, namun cara dan perawatan yang diberikan berbeda. Untuk lebih jelasnya simak klarifikasi berikut.


  Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa Teknik, Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Langkah pertama


Langkah awal yang anda lakukan yaitu pemilihan bibit. Pilih bibit yang benar-benar tua. Bibit yang bagus untuk dijadikan tumbuhan bonsai yaitu jenis kelapa bau tanah yang pribadi dipetik dari pohonnya. Karena kelapa yang bau tanah akan tumbuh tunas lebih cepat, dan bila memakai kelapa yang jatuh dari pohon kesudahannya kurang menarik alasannya kentos kelapa akan gampang rapuh. Pilihlah ukuran kelapa yang berukuran sedang, alasannya sanggup menghipnotis ukuran bonsai yang akan ditanam.


Terdapat beberapa jenis kelapa yang sanggup dijadikan bonsai, antara lain kelapa merah, kelapa albino dan kelapa susu.


Ciri khas dari kelapa gading merah yaitu warnanya yang merah kekuning-kuningan. Ketika sudah dibonsai kelapa jenis ini akan menjadi sangat bagus dan menarik. Namun perawatan kelapa jenis ini tergolong merepotkan. Untuk mempertahankan warna merahnya yang cantik, anda perlu memakai banyak pupuk. Jika kekurangan zat-zat yang disediakan pupuk, kambium tumbuhan ini akan berkurang dan warnanya akan berkembang menjadi hijau.


Kelapa albino, dari namanya sudah terang bahwa warna kelapa ini yaitu putih. Warna putihnya tidak pucat polos, namun lebih terang mendekati warna silver.


Kelapa gading susu biasanya berwarna putih dan banyak tumbuh di tempat subtropis. Kelapa jenis ini banyak dipakai untuk pengganti pohon palem untuk diletakkan di taman.


Setelah anda mengetahui jenis-jenis kelapa yan g sanggup dijadikan bonsai, maka anda sanggup menentukan jenis kelapa manakah yang sesuai dengan seler anda untuk dijadikan bonsai. Lalu langkah selanjutnya yaitu meletakkan bibit kelapa pada tanah yang lembab biarkan beberapa waktu hinga bibit kelapa bertunas.


Langkah kedua


 Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa Teknik, Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Kelapa yang diletkakan pada tanah lembab dan mengandung banyak air akan muncul tunas kira-kira sekitar 2-3 ahad . Pusat perkembangan dari kelapa yaitu ada pada batoknya. Untuk itu penentuan dan peletakkan posisi batok kelapa menjadi hal yang penting untuk membentuk contoh bonsai yang diinginkan. Bila anda menginginkan bonsai kelapa yang batoknnya dikelilingi oleh banyak akar maka buah kelapa diletakka pada tanah dengan posisi bangkit (vertical) dan letakkan secara horizontal apabila menginginkan bentuk bonsai kelapa menyerupai keong.


Langkah ketiga


 Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa Teknik, Cara dan Langkah Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Setelah tunas muncul, langkah berikutnya yang dilakukan yaitu mengupas sabut kelapa. Lakukan dengan sangat hati hati biar tunas tidak rusak. Gunakan cutter tajam untuk embersihakan serabut-serabutnya.Siapkan pisau untuk memotong miring 1/3 penggalan belakang batok kelapa. Lalu buat sayatan dengan membujur dari tunas kebelakan hingga menyentuh batok.


Langkah keempat


Langkah selanjunya yaitu penanaman, sebelum anda melaksanakan penanaman ada bainya anda menyiapkan terlebih dahulu media yang akan dipakai sperti pasir, tanah dan pupuk sangkar dengan perbandinagan 2:1:1. Lalu potong penggalan kepala botol plastik beas air mineral dengan tinggi sekitar 5cm. Hal tersebut sanggup memicu pertumbuhan tunas gres lebih cepat. Setelah persiapan selesai, letakkan tunas kelapa dengan posisi horizontal dan akar tertutup oeh tanah, lakukan dengan hati-hati biar akar tidak terputus.


Langkah kelima


Untuk mempertahankan bentuk bonsai tetap mini, kau harus melaksanakan penyayatan pada tunas yang lebih tua. Jika bibit sudah tumbuh hingga 15 hingga 20 cm, berikan sayatan pada tunas yang paling bawah. Untuk menghindari pembusukan, jangan hingga tunas yang masih muda juga terkena sayatan. Lakukan penyayatan ini sehari minimal 3 kali.


Langkah keenam


Tahapan selanjutnya yang sanggup anda lakukan yaitu anda cukup menyirami tumbuhan bonsai satu kali sehari, lakukan setiap sore atau malam hari Sebaiknya gunakan adonan larutan garam atau vetsin dalam air untuk menyiraminya.


Cara menciptakan bonsai kelapa memang memerluakan banyak kreatifitas dan ketelatenan. Menarik atau tidaknya tumbuhan bnsai tergantung dari seberpa besar perawatan dan kreativitas yang ia berikan dalam merawat tumbuhan tersebut. Selamat mencoba.. Semoga gosip yang diberikan bermanfaat 🙂


Artikel Terkait :




Belum ada Komentar untuk "Teknik, Cara dan Langkah Mudah Membuat Bonsai Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel