Cara Mudah Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat


Hai Sahabat…….Kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya Jambu Air. Untuk lebih jelasnya simak klarifikasi dibawah ini.


Jambu air ialah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan, tumbuhan ini berasal dari tempat Asia Tenggara. Jambu air biasanya berupa tumbuhan perdu dengan tinggi hanya sekitar 3 hingga 10 meter dan batang biasanya bercabang dan bengkok dengan buah ibarat buah buni, bentuknya ibarat gasing dengan bab pangkal kecil dan bab ujung melebar serta biasanya bab ujung dengan pangkal di pisahkan oleh lekukan. Buah jambu air biasanya berwarna merah, merah hati, putih atau hijau dan berwarna putih pada bab dalam, mengandung banyak air, serta rasanya da yang manis, masam dan ada yang sedikit sepat.Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah


Klasifikasi ilmiah Jambu Air

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: S. aqueum


Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah  Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah


Jambu air gampang ditanam dan dibudidayakan. Berikut ialah cara budidaya Jambu Air:


Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah



  • Pembibitan

    Budidaya Jambu Air  Dengan Praktis Dan Berbuah Cepat Serta Lebat Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah

    Proses pembibitan sanggup dilakukan dengan cara vegetatif dan ada dua pilihan bibit. Yaitu vegetatif dengan penyemaian benih yang diambil dari pohon jambu yang masih produktif dengan usia sekitar 15 tahun Lebih Atau Dengan cara cangkok atau disambung dengan teknik sambung celah.

  • Lahan Tanam

    hal pertama yang dilakukan untuk menanam jambu air yaitu memilih teladan penanaman semoga pohon jambu air sanggup tumbuh dengan optimal, jarak yang baik untuk penamanan ialah 8mx8m. Lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60cm x 60cm atau dengan ukuran 1 meter x 1 meter x 0,5 meter.

  • Penanaman

    Bibit yang telah siap untuk ditanam letakkan pada lubang tanam yan telah dibentuk kemudian tutup dengan tanah yang telah di campur dengan pupuk kompos atau pun pupuk kandang. Agar tumbuhan jambu air cepat gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan sebaiknya ditaman pada sore hari. Penanaman juga sanggup dilakukan pada final trend kemarau atau trend hujan semoga tidak perlu repot untuk menyirami tanaman.

  • Pemupukan

    Pemupukan dilakukan setidaknya 3 bulan sekali atau paling tidak lakukan pemupukan 2 kali dalam satu tahun. Pemupukan di berikan pada sekeliling tumbuhan yaitu sekitar 1 meter dari tumbuhan dengan takaran pemupukan yang tepat.

  • Pemeliharaan atau Perawatan

    Penyiangan wajib dilakukan semoga perembesan unsur hara dalam tanah oleh tumbuhan tidak tersaingi oleh gulma. Penanganan hama dan penyakit juga perlu dilakukan semoga pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sanggup dengan optimal, Hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan buah jambu air ialah Ulat kupu-kupu gajah, Kutu perisai hijau, Lalat buah, serta Cendawan akar dan buah, Semua itu sanggup diatasi memakai insektisida ataupun jenis lain dengan takaran yang telah ditentukan.

  • Pemangkasan

    Pemangkasan cabang tumbuhan perlu dilakukan semoga tajuk gres sanggup membentuk kanopi yang sempurna. Dengan banyak cabang dan kanopi yang tepat maka hasil buah yang dihasilkan akan lebih optimal.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel