Cara Budidaya Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Cara Dan Tips Pembenihan dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya ikan hias kecil dengan perut menggelembung yaitu ikan molly. Berikut ialah klarifikasi lengkapnya.


Molly (Poecilia sphenops) ialah jenis ikan hias kecil yang berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan jenis ini termasuk dalam jenis binatang omnivora. Memiliki ukuran badan yang relatif cukup besar dengan ukuran maksimal sekitar 12 cm.  Di habitat aslinya, molly hidup  pada suhu perairan 25 – 28° Celcius dengan pH  sekitar 8.


Cara Dan Tips Pembenihan dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah Cara Budidaya Ikan Hias Molly Dengan Mudah


Molly banyak digemari oleh banyak orang sehingga apabila kita membudidayakannya niscaya akan mendapat laba yang cukup lumayan. Berikut ialah cara budidaya Ikan Molly :


Cara Dan Tips Pembenihan dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah Cara Budidaya Ikan Hias Molly Dengan Mudah



  • Teknik Beternak Ikan Molly

    Untuk ikan molly sebaiknya kita harus menciptakan kolam ikan terlebih dahulu dari semen maupun menyediakan akuarium dengan mempunyai ukuran biasanya yaitu 100 cm x 40 cm x 50 cm. Setidaknya siapkan 2 kolam yang pertama kolam untuk pembesaran dan yang satu lagi untuk kolam pemijahan.

  • Teknik Pemijahan Ikan Molly

    Untuk pemijahan pilih indukan yang berukuran relatif besar, bentuk badan yang menggelembung pada bab perut serta mempunyai warna yang indah, kemudian beberapa pasang Indukan yang telah dipilih letakkan dalam kolam pemijahan. Kolam pemijahan tersebut harus dilakukan pengontrolan setiap hari. Setelah lahir induk melahirkan, bawah umur ikan itu harus segera dipisahkan dengan induknya supaya anak ikan tidak dimakan oleh induk.

  • Perawatan Benih

    Anak-anak ikan yang gres lahir belum membutuhkan makanan, alasannya ialah mereka masih mengandung kuning telur (yolk egg) gres sesudah  4 sampai  5 hari anak ikan sanggup diberi kuliner berupa kutu air atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan. Setelah anakan ikan sudah mencapai ukuran medium yaitu sekitar 2 sampai 3 cm sanggup diberi makan cacing dan pada dikala anakan ikan mencapai ukuran remaja yaitu sekitar 5 sampai 7 cm sanggup diberi kuliner cuk. Selain dukungan pakan alami ikan molly juga sanggup diberi pakan suplemen berupa agar-agar, cacing kering atau yang lainnya. Lakukan dukungan pakan sebanyak 2 kali jangan terlalu berlebihan.

    Pergantian air pada kolam, kolam atau akuarium harus dilakukan dengan rutin usahakan dikala melaksanakan pergantian air pada waktu air sudah terlalu kotor alasannya ialah sanggup menjadikan ajal anak ikan. Kotoran sanggup dibersihkan setiap 2 sampai 3 hari sekali dengan cara disifon.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Hias Molly Dengan Mudah“,semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Hias Molly Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel