Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam  Atau Budidaya Serta Merawat  Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas wacana Cara Menanam Atau Budidaya Serta Merawat Bunga Matahari. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Bunga matahari (Helianthus annuus ) ialah tumbuhan bunga semusim dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran, Bunga ini berasal dari Meksiko. Bunga matahari mempunyai ukuran yang besar berwarna kuning terang dengan diameter sanggup mencapai sampai 30 centimeter, mempunyai batang yang banyak ditumbuhi rambut kasar, jarang bercabang, tegak serta tingginya berkisar antara 3 meter sampai 5 meter tergantung pada varietas bunga matahari tersebut. Bunga matahari mempunyai sikap yang khas yaitu heliotropisme atau bunga selalu condong mengarah ke matahari.


Cara Menanam  Atau Budidaya Serta Merawat  Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga


Banyak orang yang menanam atau membudidayakan tumbuhan bunga matahari, tapi dengan tujuan yang berbeda-beda ada yang hanya untuk sekedar sebagai tumbuhan hias, untuk pakan ternak, untuk memproduksi kuaci, ataupun untuk memproduksi minyak. Bagi kalian yang ingin menanam atau budidaya matahari untuk tujuan tersebut, berikut ialah caranya :


Syarat Tumbuh


Tanaman bunga matahari menyukai kawasan dengan sinar matahari yang penuh, tanah yang hangat dan subur dengan pH sekitar 6 sampai 7,2.



  • Penyemaian Benih


Sebelum melaksanakan penyemaian pilih terlebih dahulu jenis atau varietas bunga matahari yang akan ditanam. Setelah sudah memilih jenis benih bunga matahari yang ditanam, selanjutnya siapka media tanam berupa tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang, sesudah itu masukkan media tanam pada media semai berupa polybag atau yang lainnya.

Biji bunga matahari mempunyai bentuk lingkaran telur pipih dengan bab bawah membulat dan bab atas meruncing. Saat menanam bunga matahari yang akan ditanam pada media semai, biji benih bab runcing di letakkan pada bab bawah, kemudian tekan benih pada media semai sampai hanya sedikit dari bab tumpul atau yang membulat terlihat. Setelah melaksanakan persemaian, lakukan penyiraman dengan sistem semprot alasannya ialah apabila media tanah tergenang maka akan menimbulkan benih akan membusuk. Benih akan berkecambah pada hari ke 3 sampai 4 sesudah penyemaian dengan ditandai dengan kulit biji terangakat dan sudah muncul akar. Pada hari ke 7 sampai 10 bibit sudah mulai berdaun 2 sampai 3 helai dan tinggnya sudah sekitar 5 cm sampai 7 cm, kalau sudah begitu benih sudah sanggup di pindahkan pada media pot atau tanah.



  • Penanaman


Lahan untuk melaksanakan penanam bunga matahari d buat lubang dengan kedalaman sekitar 50 centimeter. Isi 1/3 bab dari lubang dengan tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk sangkar (perbandingannya sekitar 1:1). Selanjutnya bibit diambil kemudian ditanam kedalam lubang tanam kemudian timbun sampai tertutup bab pangkal batangnya sekitar 1cm – 2cm. Jika menanam lebih dari 1 bunga pastikan jarak tanamnya sekitar 1 meter. Jika menanam memakai pot atau polybag ,pastikan pot atau polybag tersebut mempunyai bab dasar untuk drainase. Berimulsa pada media tanam dengan dedaunan kering semoga agar mencdcah kelembapan tanah. Lakukana penyiranam minimal 1x sehari.



  • Perawatan


Pada ketika tanama sudah berumur 1 atau 2 bulan Lakukan pemupukan memakai pupuk sangkar atau juga sanggup memakai NPK dengan takaran 25g-30 gr/tanaman atau juga dengan ZA dengan takaran 25 gr/tanaman (pada umur 1 bulan) atau juga sanggup memakai TSP (pada ketika tumbuhan berumur 1,5 bulan).

Bunga matahari akan mulai berbunga pada umur sekitar 3 bulan, Pada 1 batang tumbuhan sanggup menghasilkan bunga sekitar 10 sampai 12 bunga. Tanaman yang sudah mempunyai tinggi 1 meter beri tumbuhan ajir atau penopang tumbuhan berupa batang bambu.

Penyiraman dilakukan 2x sehari yaitu pagi hari dan sore hari, tapi semakin tinggi tumbuhan maka kurangi volume penyiraman.



Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel