Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit

Penjelasan, Klasifikasi , Kandungan Serta Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit Dan Penyakit Lainnya


Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas perihal Tanaman Ketepeng mulai dari Penjelasan, Kandungan, Klasifikasi Ilmiah Serta  Manfaatnya bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Tanaman Ketepeng atau Ketepeng Cina (Cassia alata) ialah salah satu jenis tumbuhan obat yang berasal dari daratan Amerika tropik.Ketepeng termasuk jenis tumbuhan perdu, Memiliki daun berbentuk bundar telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bab bawah, serta mempunyai bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.


Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa daerah di Indonesia dan Tanaman Keteprng mempunyai banyak manfaat bahkah sudah banyak dipakai oleh nenek moyang kita untuk mengatasi bermacam-macam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Ketepeng Cina mempunyai banyak sebutan diantaranya Seven golden candlestick (Inggris), Kupang-kupang (Ternate), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Ketepeng Badak (Sunda), dan Sajamara (Halmahera). Pada tumbuhan ketepeng bab daunlah yang mempunyai banyak manfaat alasannya ialah mengandung banyak senyawa kimia ibarat Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun ketepeng mempunyai rasa pedas dan hangat sehingga sanggup difungsikan untuk insektisidal, sanggup mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, hingga obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh benalu kulit.


Klasifikasi Ilmiah Tanaman Ketepeng

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Magnoliopsida

Ordo : Fabales

Famili : Fabaceae

Genus : Cassia

Spesies : Cassia alata


Berikut ialah Cara memakai Daun ketepeng untuk obat :



  • Untuk mengobati Panu, Kurap, dan Eksema


1. Caranya : Ambil sekitar 1 genggam daun ketepeng cina segar dan sedikit tawas atau 1 sdm kapur sirih, kemudian lumatkan, sehabis itu gosokan dengan besar lengan berkuasa pada kulit yang terkena panu, kurap, dan eksema. Lakukan hal ini sebanyak 2 x sehari.

2. Caranya : Tumbuk hingga halus daun ketepeng Cina dab bawang putih kemudian baluskan pada bab yang terkena panu atau penyakit kulit lainnya.



  • Untuk mengobati Sembelit


Caranya: Rebuslah daun ketepeng muda sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, sehabis itu minumlah ramuan tersebut.



  • Untuk mengobati Sariawan


Caranya: Kunyahlah sekitar 4 lembar daun ketepeng yang sudah dicuci dengan garam secukupnya ibarat mengunyah sirih selama beberapa menit, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya.



  • Untuk mengobati cacingan


1. Caranya : Rebuslah sekitar 7 lembar daun ketepeng, asam secukupnya, dan 2 sdt abu akar kelembak (rheumofficinale baill) dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja, kemudian saring dan minumlah selagi hangat.

2. Caranya: Ambillah 3 pucuk daun ketepeng cina, tambahkan sedikit asam jawa, sepotong kelembak, serta sedikit saja gula merah. Rebuslah semua materi tadi dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih hingga tersisa satu gelas saja. Saringlah dan minum ramuan tadi.



  • Untuk mengobati Eksim


Caranya : Haluskan segenggam daun ketepeng cina, sedikit adas pulowaras, dan sedikit kapur sirih. Kemudian balurkan pada bab yang terkena eksim.


Demikian artikel pembahasan tentang”Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit“, semioga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel