Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta

Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas wacana Cara Mananam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta atau Anthurium plowmanii. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Gelombang Cinta atau Anthurium plowmanii adalah salah satu jenis tumbuhan hias yang terkenal di kalangan pecinta tumbuhan hias. Gelombang cinta atau Anthurium plowmanii ini merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelas liliopsida, Daun gelombang cinta berwarna hijau mengkilat dengan mempunyai panjang sekitar 10 cm hingga 30 cm, tebal dan bergelombang pada kepingan tepi.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Ordo : Alismatales

Famili : Araceae

Genus : Anthurium

Spesies : Anthurium plowmanii


Berikut yaitu Cara Menanam dan merawat tumbuhan hias Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii :


a. Menanam Gelombang cinta

Siapkan Bibit gelombang cinta yang telah di beli dari toko tumbuhan bunga, Pot, Pecahan Genteng dan Media tanam(tanah humus, pasir dan pupuk kandang). Berikut langkah -langkah penanaman kalau semua alat sudah siap :



  • Pertama, masukan pecahan genteng dengan cara disusun pada kepingan dasar pot (tujuannya untuk menghindari media tanam hanyut dikala penyiraman),

  • Kemudian, masukan media tanam berupa adonan tanah humus, pasir dan pupuk sangkar hingga setengah kepingan pot,

  • Selanjutnya, Masukan bibit tumbuhan gelombang cinta pada pot,

  • Terakhir, timbun lagi memakai media tanam yang sama hingga 3-5 cm diatas permukaan pot, kemudian letakkan pada daerah yang teduh ibarat daerah yang mempunyai naungan sebab gelombang cinta tidak menyukai sinar matahari secara langsung. Siram hingga selurum kepingan media tanam basah.


b. Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii

Untuk mendapat tumbuhan hias yang mempunyai bentuk indah perawatan gelombang cinta perlu dilakukan perawatan, tidak begitu sulit untuk merawatnya. Berikut yaitu langkah-langkah untuk merawat tumbuhan hias gelombang cinta :



  • Pemberian Sinar Matahari

    Walaupun tumbuhan hias gelombang cinta tidak begitu menyukai paparan sinar matahari secara pribadi sebab sanggup menciptakan tumbuhan layu bahkan kering, Tapi gelombang cinta membutuhkan sinar matahari untuk pembentukan zat hijau daun atau klorofil. Lakukan seminggu sekali, pinjaman sinar matahari dengan cara menjemurnya di daerah terbuka selama 15 menit hingga 1 jam.

  • Penyiraman

    Penyiraman dilakukan cukup dilakukan sekali dalam sehari, kecuali pada ekspresi dominan kemarau atau cuaca panas lakukan penyiraman sebanyak 2 x sehari, Jangan biarkan wadah atau media tanam terlalu lembap atau lembab.

  • Penggantian pot

    Lakukan penggantian pot secara rutin dikala tumbuhan hias gelombang cinta ini semakin subur dan bertambah besar. Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tumbuhan gelombang cintanya.

  • Pemupukan

    Pemupukan diberikan 3 bulan sekali dengan memakai NPK, caranya pupuk NPK di campur dengan air dengan dosis 2 gr/liter air. Pemupukan diusahakan jangan hingga mengenai daun supaya daun tidak mengalami kerusakan atau bahkan kebusukan.

  • Posisi Tanaman

    Tanaman dalam pot harus sering di atur posisisnya mengikuti arah matahari walaupun tidak terkena matahari secara langsung. Hal ini juga sanggup merangsang supaya daun gelombang cinta tumbuh tegak dan mempunyai daun yang hijau dan sehat.


Selain itu kalau anda menginginkan tumbuhan gelombang cinta yang anda tanam mempunyai daun yang mengkilap, kami mempunyai tips untuk itu yaitu dengan mengoleskan susu cair pada daun. Caranya Bersihkan daun terlebih dahulu seluruh kepingan daun baik itu kepingan atas atau bawah daun dengan air bersih, kemudian oleskan secara merata susu cair pada daun dengan spons atau kapas,. Tunggu hingga kering, kemudian bersihkan dengan kain kering. Lakukan Secara rutin seminggu sekali kalau ingin hasil yang memuaskan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel