Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap

Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap – Ikan Oscar (Astronotus ocellatus) yaitu salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan. Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Warna badan ikan ini kehitam hitaman dengan motif kuning kemerah-merahan. Namun ada juga ikan oscar albino dengan warna dasar tubuhnya putih. Ikan oscar ini sanggup tumbuh sampai ukuran sekitar 35 cm. Ikan oscar termasuk ikan yang cerdas sebab ikan ini sanggup dengan cepat mencar ilmu mengenai kegiatan makannya dan apabila dilatih ia sanggup mengambil pakan dari pemiliknya langsung. Ikan Oscar sanggup melompat dengan ketinggian sekitar 15 cm untuk meraih pakannya. Ikan Oscar ini juga dikenal sebagai ikan Peacock Cichlid ataupun Velvet Cichlid.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Oscar

Ordo : Percomorphoidei

Sub-Ordo : Percoidea

Famili: cichlidae

Sub-Famili : Astronotus

Spesies : Astronotus ocellatus


Ikan oscar sudah sanggup dikembangbiakan diindonesia, sebab berbeda dengan ikan hias jenis lainnya ikan Oscar memerlukian perlakukan yang sedikit khusus dalam perkembangbiakannya jadi iakan hias ini cukup mahal. Bagi anda yang ini melaksanakan budidaya ikan oscar, berikut yaitu cara pemijahan/pembenihan sampai pembesaran secara lengkap:


1. Cara Membedalkan Ikan Oscar Jantan dan Ikan Oscar Betina

Sebelum melaksanakan budidaya anda perlu tahu mana jantan dan betina ikan oscar. Ikan Jantan mempunyai badan yang relatif lebih panjang dari betina, mempunyai alat kelamin yang lebih menonjol. Sedangkan ikan betina mempunyai lubang kelamin yang lebih besar dan apabila telah matang gonad perutnya akan gendut.


2. Pemilihan Induk Ikan Oscar

Ikan oscar yang baik untuk dijadikan induk yaitu ikan yang telah berumur sekitar 1,5-2 tahun dengan panjang sekitar 15 cm dan tingginya sekitar 10 cm serta berwarna cerah.


Seleksi indukan ini mulai dilakukan dikala ikan oscar berumur sekitar 5-6 bulan dengan mencampurkan 5 jantan dan 5 betina dalam satu daerah maka ikan tersebut akan mencari pasangan mereka sendiri. Setelah berpasangan barulah anda sanggup memisahkan pada daerah sendiri sendiri.


3. Cara Pemijahan Ikan Oscar

Persiapkan terlebih dahulu kolam pemijahan dari semen dengan ukuran sekitar 1,5 x 1 x 0,5 m3. Setelah itu isi air yang sudah diendapkan selama 12-24 jam dengan ketinggian sekitar 30-40 cm. Kemudian masukkan sepasang induk yang telah matang gonad dalam kolam tersebut.


Dalam setiap kolam diberi watu ceper berwarna gelap dan kepingan atas ditutup sebagian supaya kolam teduh. Pemijahan ikan oscar ini biasanya berlangsung pada pagi dan sore hari dan akan pribadi dibuahi oleh ikan jantan. Telur yang telah dibuahi diambil kemudian dimasukkan dalam akuarium penetasan, akuarium tersebut sanggup berukuran sekitar 70 cm x 40 cm x 40 cm3 dan diisi dengan air dengan ketinggian 10 cm dan didalamnya diberi aerasi tang lemahsaja. Setelah 3 ghari biasanya telur akan menetas. Lalu air dalam akuarium diberi emalin atau methylene blue.


4. Pemeliharaan Benih Ikan Oscar

Benih ikan oscar yang gres menetas tidak perlu diberi pakan sampai berumur 4 hari sebab benih tersebut masih mempunyai persediaan pakan berupa kuning telur. Setelah berumur 5 hari benih sanggup diberi pakan berupa rotifera. Pemberian pakan ini tidak sanggup terlambat sebab ikan ini sanggup bersifat kanibal.


Setelah berumur sekitar 10 hari, ikan sanggup diberi pakan berupa kutu air yang telah disaring, Setelah berumur 2 ahad ikan sanggup dicoba diberi pakan berupa kutu air tanpa saring dan cacing rambut. Setelah berumur sekitar 25 hari, ikan sanggup di pindahkan ke kolam atau kolam poembesaran yang lebih luas.


5. Pembesaran Ikan Oscar

Setelah berumur 25 hari, anakan dipindahkan ke kolam atau kolam pembesaran yang mempunyai ukuran sekitar 2 x 1 x1 m3 dan diisi air dengan ketinggian sekitar 20-25 cm. Dalam setiap kolam pembesaran sanggup ditebar sekitar 300 ekor ikan oscar. Untuk mengurangi terik matahari atas kolam sanggup diberi tumbuhan air ibarat enceng gondok atau Hidrilla verticilata. dan sebagian atas kolam diberi pakan berupa seng plastik.


Setelah 1 bulan, dalam kolam ikan dikurangi menjadi 200 ekor saja. Pakan yang diberikan pada ikan di kolam pembesaran berupa cacing rambut. Ikan sudah sanggup diseleksi untuk menjadi indukan bila telah berumur sekitar 5-6 bulan. Pakan yang diberikan sanggup berupa udanng kali atau udang rebon yang masih segar atau hidup.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Oscar Mulai Dari Pemijahan Hingga Pembesaran Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel