Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Mudah Lengkap

Panduan Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Praktis Lengkap


Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio) yaitu salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh pecinta ikan hias untuk dipelihara. Ikan Zebra ini berasal dari perairan Coromandel, Calcuta, sampai Massulipatan, daerah timur India. Ikan zebra ini kecil dengan ukuran sekitar 5 cm, walau kecil ikan zebra tergolong ikan yang gesit dan lincah. Walau berjulukan zebra namun warnanya tida menyerupai zebra. Warna ikan ini yaitu hijau kecokelatan dengan garis-garis yang kontras melintang pada tubuhnya dari leher sampai sirip.


Klasifikasi Ilmiah

Ordo : Ostariophysodei

Sub-ordo : Ciprinoidea

Famili : Cyprinidae

Genus : Bracydanio

Spesies : Bracydanio rerio.


Ada banyak sekali jenis ikan zebra ini, berikut yaitu jenis-jebis ikan Zebra yang ada diantaranya: Zebra Danio, Long fin Zebra danio, Long fin ghost zebra danio, Golden zebra danio, Long fin Golden Zebra danio, Metallic pink zebra danio, Metallic marble zebra danio, Metallic blue zebra danio dan lain sebagainya. Namun bagi kalangan pecinta ikan hias, jenis ikan zebra yang dikenal yaitu Zebra rintik, Zebra biasa, Zebra albino dan juga Zebra slayer, Zebra merah atau Red Zebra / Pink Zebra.


Karena mempunyai banyak peminat, banyak orang sekarang melaksanakan budidaya ikan zebra ini. Berikut yaitu cara budidaya ikan Zebra:


A. Memilih Indukan Ikan Zebra

Sebelum melaksanakan budidaya dan melakuka pemijahan ikan zebra, anda harus sanggup membedakan antara ikan zebra jantan dan ikan zebra betina. Ikan zebra jantan dan betina mempunyai perbedaan yaitu ikan zebra jantan mempunyai warna tubuh yang lebih kuning sedangkan ikan betina berwarna kusam namun badannya lebih besar dari jantan.


Indukan yang ideal untuk dipijahkan yaitu ikan zebra yang berumur sekitar 7 bulan dengan panjang tubuh sekitar 4 cm. Dan sebelum dipijahkan, ikan diberi pakan berupa masakan yang mempunyai kadar lemak yang sedikit menyerupai jentik nyamuk.


B. Persiapan Tempat Pemijahan Ikan Zebra

Sama dengan jenis ikan hias lain, ikan zebra ini sanggup di pijahkan dalam akuarium ataupun kolam semen, akuarium ini dipakai untuk melaksanakan pemijahan secara berpasangan sedangkan kolam semen untuk pemijahan secara massal.


Apabila memakai akuarium maka ukuran akuarium yang dipakai yaitu sekitar 20 cm x 20 cm dengan kedalaman sekitar 40 cm. Apabila memakai kolam semen maka ukuran kolam semen di buat sekitar 1 m x 1 m dengan kedalaman sekitar 25 cm – 30 cm.


Akuarium atau kolam semen tersebut lalu diberi air jernih dan diendapkan selama sehari semalam. Air yang digunaka setidaknya mempunyai kesadahan sekitar 20°C-24°C. Bagian dasar akuarium atau kolam semen diberi batu-batu kecil dan bab pemrmukaannya diberi tumbuhan air sepertu apu-apu atau yang lainnya.


c. Pemijahan Ikan Zebra

Ikan zebra yang telah dipilih untuk dijadikan indukan, selanjutnya dimasukkan dalam akuarium atau kolam semen pemijahan yang telah diisi air dengan ketinggian sekitar 15 cm – 20 cm. Ikan zebra biasanya akan sembarangan meletakkan telurnya pada bab dasar. Jika telur sudah dikeluarkan induk maka segera pindahkan indukan biar nantinya telur dimakan indukan.


D. Perawatan Ikan Zebra

Telur-telur yang telah dibuahi akan bermetamorfosis larva burayak pada 4 hari sesudah telur dikeluarkan induk. Setelah berumur 3 hai burayk sanggup diberi pakan berupa rotifera, cacing sutera ataupun kutu air. Paan tersebut diberikan sesuai dengan ukuran ekspresi yang dimilikinya.


Lakukan penggantian air secara rutin yaitu setiap 3 hari sekali. Pergantian air tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk mencegah tumbuhnya penyakit maka dalam tempat pemeliharaan tersebut diberi 2 tetes larutan 5% Methelene Blue.


Setelah satu bulan, ikan zebra sanggup dipisahkan atau dibagi-bagi ke tempat yang lebih luas atau sanggup eksklusif dijual. Namun umur jual yang paling ideal minimal berumur 3 bulan (berukuran M)tapi jikalau ingin harganya lebih mahal maka tunggu sampai ukurannya L.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Praktis Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Mudah Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel