Cara Menanam Lada atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah

Cara Menanam/ Budidaya Lada Perdu atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah


Lada atau yang sering disebut dengan Merica atau Sahang merupakan tumbuhan yang kaya akan kandungan kimia menyerupai minyak lada, pati dan juga minyak lemak. Pada umumnya lada dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ada dua jenis lada yaitu lada hitam dan lada putih. Lada mempunyai sifat agak pahit, pedas, hangat dan antipiretik. Lada mempunyai nama latin Piper Albi Linn.


Rasa lada hampir sama dengan cabai dan juga harganya makin tinggi, disamping itu lada juga mempunyai banyak khasiat untuk tubuh, untuk itu banyak orang yang mulai membudidayakan lada untuk meningkatkan nilai ekonomi, walaupun bersama-sama lada telah dibudidaya semenjak jaman dahulu. Namun bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang luas anda sanggup melaksanakan penanaman lada atau merica ini pada pot dipekarangan rumah anda, lada yang ditanam dalan pot ini dikenal dengan lada perdu. Berikut ialah tahap budidaya lada atau Merica dalam Pot:


a. Keunggulan Lada Perdu



  • Budidaya Lada perdu tidak memerlukan lahan yang luas, pekarangan yang dipakai untuk tanam tumbuhan hias tidak menghasilkan namun sekarang bila ditanam merica sanggup menambah penghasilan.

  • Lada Perdu merupakan tumbuhan yang sanggup berbuah sepanjang tahun dengan 2 kali panen besar.

  • Dalam setiap pot sanggup menghasilkan 200 gram-300 gram merica bahkan bila telah mencapai usia 3 tahun sanggup menghasilkan sekitar 500 gram merica/pot.


b. Pembibitan Lada Perdu

Bibit lada sanggup diperoleh dari setek cabang primer dan sekunder atau memakai cabang primer dengan setek bertapak atau menyertakan sulur panjang. Namun dirasa terlalu ribet, anda sanggup membeli bibit di toko tanaman. Jika, sudah didapatkan, selanjutnya bibnit setek tersebut di semai pada polybag dengan media tanam berupa adonan tanah, pupuk Tricokompos dan pasir dengan perbandingan 7 : 3 : 1. Setelah bibit tersebut disemai pada polybag , tutup, dengan plastik yang sanggup dimasuki sinar matahari dengan intensitas cahaya sekitar 60%-70%. Apabila mungkin, beri jaring untuk melindungi biji lada dari hama. Penyemaian tersebut dilakukan sampai bibit berumur 3 sampai 4 bulan atau sampai bibit mempunyai akar yang baik dan besar lengan berkuasa untuk selanjutnya dipindahkan ke media tanam yang baru.


c.Penanaman Lada Perdu

Siapkan pot atau polybag tanam berukuran 60 cm x 40 cm dan kemudian diisi dengan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, pupuk trichokompos, kompos dan tricoderma dan diamkan selama 2 minggu. Setelah itu, lakukan penanaman.


Agar tumbuhan lada perdu tumbuh optimal, lakukan penanaman secara rutin setiap tahun dengan memakai pupuk sangkar dan beri pupuk Trichokompos 4 kali setahun.


d. Perawatan tumbuhan lada perdu

Selain diberi pupuk lakukan pula perawatan lainnya menyerupai berikut ini :



  • Melindungi tumbuhan lada perdu dari jamur

    Cabang yang rimbun menciptakan tumbuhan lada perdu gampang terjangkit penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh jamur P.capsici lantaran tingkat kelembaban udara disekitar tumbuhan lada perdu cukup tinggi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, buatlah tiang penyangga menyerupai bentuk para-para.

  • Pengendalian hama dan penyakit.

    Pengendalian hama dan penyakit sanggup dilakukan dengan memanfaatkan agensi hayati maupun biopestisida,

    penyakit amis pangkal batang sanggup dikendalikabn dengan memanfaatkan jamur Tricoderma, penyakit kuning sanggup dikendalikan dengan memanfaatkan baktero Pasteuria penetrans, hama walang sangit sanggup dikendalikanb dengan memanfaatkan jamur Beuveria bassiana.


    Untuk pengendalian lain yaitu memakai biopestisida, anda sanggup membuatnya dengan ekstrak biji bengkuang, tepung cengkeh dan juga ekstrak akar tuba.



e. Pemanenan Lada Perdu

Lada perdu sudah sanggup dipanen sehabis berumur 12 bulan atau satu tahun sehabis tanam. Namun akan lebih baik bila dikala umur tersebut bunga dan buah yang tumbuh dibuang terlebih dahulu semoga pertumbuhan tumbuhan tersebut akan lebiuh baik nantinya dan merica yang dihasilkan akan lebih banyak.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Lada atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Lada atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel