Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl gourami) Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran


Ikan sepat mutiara (Pearl gourami) ialah salah satu jenis ikan sepat yang merupakan ikan hias air tawar anggotasuku gurami. Ikan dengan nama latin Trichogaster leeri ini selain disebut dengan Pearl gourami, ikan ini juga disebut dengan Mosaic gourami ataupun Lace gourami merujuk pada tumpuan warna berbintik yang indah dengan garis hitam yang ada pada tubuhnya.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Osphronemidae

Genus: Trichogaster

Spesies: Trichogaster leeri


Ikan sepat mutiara ini mempunyai badan pipih dan mempunyai moncong yang runcing dan sempit. Ikan sepat mutiara ini mempunyai panjang badan sekitar 120 mm. Tubuhnya berwarna kebiruan dengan tumpuan bintik berwarna kehijauan atau keperakan menyerupai mutiara. Pada bab tengah tubuhnya terdapat garis berwarna hitam yang ada mulai dari ujung verbal sampai pangkal ekornya.  Ikan sepat mutiara sanggup ditemukan di rawa-rawa dataran rendah yang mempunyai air sedikit asam. Penyebaran ikan ini terdapat mulai dari Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Thailand dan Malaysia. Karena keindahannya ikan sepat mutiara banyak dicari oleh pecinta ikan hias untuk dipelihara, dengan melihat peluang tersebut anda sanggup melaksanakan budidaya ikan sepat ini. Berikut Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara:


A. Pemilihan Indukan Sepat Mutiara

Pemilihan indukan sepat mutiara akan memilih keberhasilan dalam budidaya ikan sepat ini. Sebelumnya anda harus sanggup membedakan antara sepat mutiara jantan dan sepat mutiara betina. Sebenarnya membedakan ikan sepat jantan dan betina sangat mudah, berikut ialah perbedaan ikan sepat mutiara jantan dan ikan sepat mutiara betina:


Ikan Sepat Mutiara Jantan

Memiliki sirip punggung yang panjang dan lancip

Memiliki hiasan merah pada leher dan perut

Ikan Sepat Mutiara Betina

Memiliki sirip yang membulat dan pendek.

Tidak mempunyai hiasan merah menyerupai jantan.


Ikan sepat mutiara yang baik ujntuk dijadkan indukan yaitu ikan yang telah berumur sekitar 7 bulan dan panjangnya telah mencapai sekitar 7,5 cm, ikan sepat tersebut sehat dan tidak cacat.


B. Pemijahan Ikan Sepat Mutiara

Ikan sepat mutiara yang telah dipilih sebagai indukan kemudian dimasukkan dalam akuarium pemijahan. Biasanya sehabis menyesuaikan diri maka induk jantan akan menciptakan sarang berupa gelembung busa yang tidak terlalu tebal dengan luas sekitar 15-20 cm2 dan tidak mau didekati betina.


Setelah final menciptakan sarang barulah jantan mendekati betina dan akan mulai melaksanakan pemijahan dibawah gelembung busa yang dibentuk jantan. Dalam pemijahan ini bisanya betina akan mengeluarkan telur sebanyak sekitar 1000 butir. Jika sudah mengeluarkan telur, maka betina diambil dan dipindahkan ke daerah lain sedangkan jantan dibiarkan bersama dengan telur.


Telur-telur ikan sepat mutiara tersebut akan menetas sehabis berumur 2-3 hari, Larva ikan yang gres menetas tidak perlu diberi pakan sampai berumur sekitar 4 hari alasannya ialah mereka masih mempunyai cadangan masakan berupa kuning telur. Setelah itu, ikan sepat mutiara sanggup di beri pakan berupa infusoria ataupun jentik nyamuk. Setelah burayak atau anakan ikan berumur sekitar 2 ahad barulah dipindahkan ketempat yang lebih luas.


C. Pembesaran Ikan Sepat Mutiara

Kolam pembesaran ikan sepat mutiara sanggup berupa kolam yang berukuran 2-4 m2 dengan ketinggian sekitar 40 cm. Kemudian kolam tersebut diisi dengan air sumur atau ledeng dan diendapkan selama sehari semalam.


Ikan sepat mutiara diberi pakan berupa rotifera, cacing dan kutu air secara bertahap. Lakukan pula pergantian air secara rutin setiap seminggu sekali secara bertahap.


Labirin akan tumbuh dengan tepat dan sanggup berfungsi sehabis 4 minggu. Maka jaga selalu suhu permukaan air dengan suhu air supaya benih tidak stres.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel