Cara Menanam Daun Salam Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah

Cara Menanam Daun Salam Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah Salam atau Daun Salam (Syzygium polyanthum) yaitu salah satu tumbuhan penghasil daun rempah yang biasa dipakai dalam kuliner nusantara, dalam bahasa inggris daun salam dikenal dengan Indonesian laurel atau Indonesian bay-leaf.

Pohon tumbuhan salam sanggup tumbuh dengan ketinggian 30 meter dan gemang sekitar 60 meter. Kulit batang pohonnya mempunyai warna cokelat abu-abu bersisik atau memecah. Daunnya tunggal terletak berhadapan pada tangkai sekitar 12 mm. Daun salam mempunyai bentuk jorong lonjong atau jorong sempit (lanset).


Daun salam selain dipakai untuk bumbu dapur, daun salam mempunyai banyak khasiat sehingga banyak orang yang membudidayakan tumbuhan daun salam atau hanya sekedar menanamnya di pekarangan rumah. Nah berikut yaitu cara budidaya dan menanam Daun Salam:


a. Syarat tumbuh

Tanaman salam sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan yang mempunyai ketinggian sekitar 300-700 meter diatas permukaan bahari dengan suhu udara sekitar 25-30 derajat celcius dan curah hujan merata sepanjang tahun. Tanah yang baik untuk menanam tumbuhan salam yaitu tanah yang gembur dan subur. Jenis tanah yang baik untuk menanam tumbuhan salam ini yaitu tanah liat berpasir dengan kandungan materi organik yang tinggi dan mempunyai pH sekitar 5,5-6,5.


b. Penanaman Tanaman Salam

Tanaman salam sanggup ditanam melalui bibit yang berasal dari biji atupun stek. Namun yang banyak dipakai ntuk penanaman salam yaitu bibit yang berasal dari stek alasannya lebih gampang dan juga cepat.


1. Cara Menanam Tanaman Salam dari biji

Penanaman tumbuhan salam dengan biji sanggup dilakukan dengan memakai polybag atau persemaian. Biji benih dimasukkan lubang yang telah disiapkan, lakukan penyiraman secara teratur. Setelah bibit berumur sekitar 2 bulan bibit dipindah tanamkan ke polybag yang berukuran lebih besar. Letakkan bibit pada tempat yang teduh, sesudah berumur 6-7 bulan bibit sanggup dipindah tanamkan ke lahan tanam yang bahwasanya baik itu di kebun atau pekarangan rumah.


2. Cara Menanam Tanaman Salam dari Bibit Stek

Pembuatan bibit stek dilakukan dengan menentukan cabang yang produktif, pilih cabang batang yang mempunyai minimal 3 ranting. Potong cabang sepanjang 20 cm – 25 cm, tanam pada polybag yang diisi dengan adonan tanah dan pupuk kandang, disiram setiap hari, ditaruh pada tempat yang terlindung panas matahari biar batang tumbuhan tidak kering dan mati.


Setelah bibit siap baik itu bibit dari  stek atau dari biji, pindahkan bibit ke lahan tanam. Buatlah lubang tanam kemudian lubang tanam tersebut diisi adonan tanah dengan pupuk sangkar atau kompos. Lakukan penanaman ibarat halnya menanam tumbuhan lainnya. Lakukan penyiraman secara teratur.


Selain 2 cara itu, penanaman tumbuhan salam juga sanggup dilakukan dengan memakai bibit cangkok, berikut yaitu cara mencangkok daun salam.


3. Cara Mencangkok Daun Salam


Potong pucuk ranting salam, buang daunnya dan sisakan 3 atau 2 helai saja. Olesi pangkal stek dengan air bawang merah untuk merangsang pertumbuan akar, tancapkan ke media stek kemudian beri sungkup pakai plastik kemudian tempatkan pada tempat yang teduh.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Daun Salam Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Daun Salam Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel