Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo

Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo – Keong turbo atau keong zebra (Zebra Snail) merupakan salah satu jenis keong yang terkenal dikalangan penghobi aquascape. Nama latin atau nama ilmiah keong turbo ini ialah Neritina turrita atau Neritina Natalensis.


Penampilan keong ini menarik sebab mempunyai warna cangkang emas dengan garis-garis hitam (belang menyerupai zebra) dan juga ukuran keong ini lebih besar dari keong lainnya. Keong ini biasanya mempunyai ukuran 1-3 cm. Keong yang berukuran besar cocok untuk aquascape tank besar dan yang berukuran kecil cocok untuk nano tank aquascape.


Habitat orisinil keong turbo ini ialah perairan berarus deras, Saat keong ini ditempatkan di dalam akuarium awalnya akan lebih suka melawan arus air pada filter.


Klasifikasi Ilmiah Keong Turbo

Kingdom: Animalia

Phylum: Mollusca

Class: Gastropoda

(unranked): clade Neritimorpha

(unranked): clade Cycloneritimorpha

Superfamily: Neritoidea

Family: Neritidae

Subfamily: Neritininae

Tribe: Neritinini

Genus: Neritina

Species: Neritina turrita


Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra


Cara Berkembang Biak Keong Turbo


Keong turbo ini tidak bisa berkembang biak pada kondisi air tawar murni, namun diharapkan air payau jikalau ingin mengembangbiakannya. Walaupun beberapa pembudidaya keong ini mungkin berhasil mengembang biakan keong ini pada kondisi air tawar murni namun banyak keong muda yang tidak terlalu usang bisa bertahan hidup. Di satu sisi sulitnya mengembang biakkan keong turbo, bisa menjadi nilai lebih sebab populasinya bisa dikontrol dan tidak menjadi hama di akuarium.


Kelebihan Keong Turbo


Tidak hanya mempunyai penampilan yang indah, keong turbo ini mempunyai kelebihan untuk memakan dan membersihkan lumut yang melekat pada beling akuarium, kerikil dan daun sekalipun. Karena mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih berat dari jenis keong lain, keong turbo ini tidak bisa memakan lumut di daun yang berukuran kecil. Dianjurkan untuk memberi masakan pelengkap supaya keong ini tidak kelaparan dan tidak bergantung pada lumut yang ada di dalam akuarium.


Keong turbo ini sanggup membersihkan kaca, batu, kayu, dedaunan dengan cepat menyerupai namanya keong turbo. Keong turbo atau keong zebra ini mempunyai cangkang yang halus dan tidak mempunyai tanduk. Keong zebra sangat membantu aquascape untuk membersihkan lumut yang muncul dari tumbuhan aquascape. Keong turbo lebih aktif dari jenis keong tanduk dan assasin. Sehingga lebih cepat dalam membersihkan kotoran di dalam aquascape.


Keong turbo sanggup hidup di daerah lembab dan bisa hidup sampai 3-5tahun. Sebaiknya jaga suhu akuarium tetap stabil ialah kurang dari 32 derajat celcius.


Kekurangan Keong Turbo


Keong turbo sanggup melarikan diri dan menciptakan jalan keluar dari akuarium sebab keong ini mempunyai kemampuan yang sanggup hidup diluar air atau sering disebut keong pasang surut. Disarankan untuk selalu mengawasi keong turbo ini dan melihat di sekitar akuarium, diperkirakan keong ini akan mencoba keluar dari aquarium jikalau merasa tidak nyaman dengan lingkungan daerah tinggalnya.


Sebaiknya untuk ukuran keong turbo besar ditempatkan pada aquascape yang sudah berumur lebih dari 1 bulan, sebab jikalau tidak dikhawatirkan tumbuhan yang belum berakar dalam akan lepas jikalau dilewati oleh keong turbo.


Demikian artikel pembahasan tentang”Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel