Langkah Sambung Pucuk Tomat Dan Terung

 Jawa Barat menyukai berkebun sayuran di pekarangan rumah Langkah Sambung Pucuk Tomat Dan TerungSejak 2016, Hariman di Bandung, Jawa Barat menyukai berkebun sayuran di pekarangan rumah. Beragam jenis sayuran mirip cabe merah, cabe rawit sampai terung serta tomat dipelihara di pot-pot berdiameter 30 cm. “Ikut gerakan urban farming,” ujar laki-laki 42 tahun itu.


Salah satu hal istimewa yang dilakukan Hariman yaitu berguru menyambungkan tanaman tomat dan terung. “Tomat dapat lebih cantik kalau disambungkan dengan terung,” kata Hariman yang menyebabkan terung ungu sebagai batang bawah. Dua kali gagal, pada upaya ketiga, sambung pucuk yang dilakukannya berhasil. Meski belum berbuah, tapi Hariman yakin akibatnya bakal sesuai harapan.


Sejumlah penelitian menunjukan kalau sambung pucuk tomat dan terung dapat memperlihatkan nilai tambah, terutama pada produksi tomat. Riset Ardi Yusman dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Sumatera Utara pada 2010 memperlihatkan hal itu: warna buah tomat lebih solid, tanaman tomat lebih kokoh dan tahan penyakit, serta produksi buah lebih banyak.


Pada riset tersebut, keunggulan itu tercapai dengan menyambungkan batang tomat berumur 35 hst (hst=hari sehabis tanam) dan terung 80 hst. Persentase keberhasilan sambung pucuk itu mencapai 99%. Bila umur batang tomat 42 hst dan terung 87 hst, persentase sukses sekitar 85%. Berikut cara sambung pucuk tomat dan terung.


1. Siapkan tanaman terung dan tomat yang sehat dengan ukuran batang yang akan disambungkan sama.


2. Potong batang terung di ketinggian 15-20 cm dari media menggunakan silet. Batang terung menjadi batang bawah pada penyambungan.


3. Sayat batang terung ibarat abjad V. Lakukan pula pada batang tomat yang diambil sepanjang 4-5 cm dengan posisi ujung disayat mirip tombak.


4. Lakukan penempelan secara hati-hati dengan memasukkan batang tomat pada batang terung. Ikat menggunakan tali rafia atau plastik pada sekujur sambungan.


5. Sungkup hasil sambungan pucuk menggunakan plastik. Salah satu indikator keberhasilan sambung pucuk tersebut dengan dijumpai embun pada dinding dalam plastik.


Belum ada Komentar untuk "Langkah Sambung Pucuk Tomat Dan Terung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel