Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Bagi PemulaGurami atau Gurame (Osphronemus goramy) yakni jenis ikan air tawar yang digemari dan terkenal sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Gurame mempunyai badan yang pipih dan lebar, serta memuliki moncong yang runcing pada ketika masih muda.


Karena banyak digemari sebagi ikan konsumsi, seruan pasar sangatlah tinggi akan ikan ini apalagi seruan restoran atau daerah makan yang menyediakan atau menjual sajian ikan gurame. Selain hal itu, harga gurame pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan tawar konsumsi lainnya. Semua itu jadi alasan banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gurame. Ikan ini sanggup dibudidayakan disemua jenis bak mulai dari bak terpal, bak beton/kolam semen/kolam tembok dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya ikan gurame di bak beton/kolam semen/kolam tembok.


Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Beton/Kolam Semen/Kolam Tembok


Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gurame


Apabila bak kolam beton/kolam semen/kolam tembok masih baru, maka biarkan dahulu bak tergenang selama beberapa hari . Jika bak sudah ada, maka bersihkan bab dasar kolamatau pingir bak dengan memakai desinfektan KMnO4 sebanyak 20-30 mg/liter. Selanjutnya, isi bak dengan air setinggi 100-120 cm. Akan lebih baik, bak dilengkapi dengan akses tengah atau dibat semacam kubangan yang nantinya akan bermanfaat ketika pemanenan.


Penebaran Benih Ikan Gurame


Benih ikan gurame yang akan ditebar dalam bak dipilih yang telah berukuran sekitar 7 hingga 15 gram per ekor. Dalam setiap meter persegi bak kolam beton/kolam semen/kolam tembok ditebar sebanyak 12 hingga 20 ekor ikan. Dengan begitu, ikan akan lebih leluasa untuk tumbuh. Waktu yang diharapkan untuk dalam pembudidayaan ikan gurame dalam bak beton/kolam semen/kolam tembok yaitu 90 hari – 120 hari dan sebaiknya penebaran benih ikan ini dilakukan pada ketika suhu rendah yaitu pada pagi atau sore hari.


Pemberian Pakan Ikan Gurame


Karena ikan gurame merupakan ikan herbivora, pakan untuk ikan ini sangat mudah. Pakan yang sanggup diberikan yaitu daun daunan hijau dan juga sayuran sepeti daun talas atau sante dan juga kangkung. Selain pakan tersebut, pakan lain yang sanggup diberikan yaitu pelet. Pakan dedaunan atau sayur sanggup diberikan sebanyak sekali sehari dan pakan buatan sanggup diberikan hingga 3 kali sehari.


Pemanenan Ikan Gurame


Ikan gurame sanggup dipanen sesudah mencapai bobot 200 hingga 300 gram per ekor. Dengan bobot itu, ikan lebih lezat dan gurih. Cara pemanenan sanggup dilakukan dengan panen total atau panen sebagian.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel