Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot Bagi Pemula – Bunga air mata pengantin (Antigonon leptopus) merupakan tumbuhan berbunga yang termasuk dalam kelompok tumbuhan liana atau tumbuhan memanjat anggota famili Polygonaceae. Tanaman bunga air mata berasal dari Meksiko dan umumnya banyak ditemukan di daerah Asia, Afrika, Karibia dan Amerika. Nama lain bunga air mata pengantin ialah coral vine, chain of love dan Mexican creeper atau Antigonon.


Tanaman bunga air mata pengantin ini mempunyai daun dengan bentuk daun menyerupai hati namun juga terkadang berentuk segitiga dengan dimensi panjang sekitar 2,5 cm sampai 7,5 cm. Bunga air mata pengantin mempunyai 2 warna bunga yang indah ialah merah muda/pink dan putih, bunga tersebut mempunyai 5 helkai kelopak berukuran 7 mm dan akan membesar jikalau sudah mekar menjadi 1,5 cm. Bunga air mata pengantin mengandung nektar dan bee pollen sehingga disukai serangga penyerbuk menyerupai kupu-kupu, lebah, kumbang dan semut


Tanaman bunga ini sanggup ditanam sebagai tumbuhan hias taman dan pekarangan. Tanaman ini tumbuh merambat dan biasanya ditanam akrab pagar. Terdapat beberapa jenis bunga air mata pengantin ini ialah Antigonon S.Watson, Antigonon leptopus Hook & Arn, serta Antigonon guatimalense Meisn.


Bunga air mata pengantin banyak ditanam sebagai tumbuhan hias. Namun selain itu, bunga air mata pengantin ini mempunyai banyak manfaat menyerupai sanggup membantu mengontrol kadar gula daeah, mencegah diabetes, anti thrombin dan mencegah pembenkuan darah.


Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot


Persiapan Bibit Bunga Air Mata Pengantin


Cara perbanyakan bunga air mata pengantin sanggup dilakukan melalui stek batang, biji atau merunduk. Jika melalui biji, maka ambil biji benih dari bunga. Jika melalui stek batang, potong batang tumbuhan induk sepanjang 15 cm sampai 20 cm kemudian rendam selama 24 jam.


Selanjutnya, semaikan bibit dalam pot atau polybag persemaian, jaga kelembaban media semai yang dipakai dan pastikan pH media tanam sekitar 6-7. Setelah bibit tumbuh atau telah berumur 6 bulan, bibit sanggup dipindah tanamkan.


Persiapan Media Tanam Bunga Air Mata Pengatin


Siapkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kompos dan pasir. Selain itu siapkan pula pot tanam dengan ukuran diadaptasi dengan bibit tumbuhan bunga air mata penganatin. Setelah itu, masukkan adonan media tanam tersebut ke dalam pot.


Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. buatlah lubang tanam sempurna ditengah media tanam dalam pot kemudian masukan bibit bunga air mata pengantin ke dalam lubang tanam tersebut. Timbun kembali dan padatkan. kemudian lakukan penyiraman semoga media tanam tetap lembab. Lalu letakkan pada tempat yang ada media rambat untuk bunga tersebut.


Cara Merawat Bunga Air Mata Pengantin


Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh dis ekitar tanaman, penyiangan ini sanggup dilakukan setidaknya sebulan sekali.


Jika tumbuhan sudah tumbuh tinggi dan akan mengeluarkan bunga, lakukan pemangkasan tumbuhan semoga membentuk contoh yang diinginkan. Jika bunga sudah muncul maka usahakan selalu rutin menyemprotkan air ke arah bunga semoga bunga tampak segar.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot Bagi Pemula” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel