Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula – Dracaena merupakan salah satu jenis tumbuhan hias daun, kalau tumbuhan ini dipadukan dengan bentuk , warna dan materi pot yang sempurna maka tampilan yang sangat indah.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Angiospermae

Kelas: Monokotil

Famili: Dracaenaceae

Genus: Dracaena


Pada umumnya, dracaena mempunyai tampilan daun dan ukuran batang yang beraneka ragam dan menarik. Berikut ini beberapa jenis tumbuhan dracaena:


Dracaena deremensis


Dracaena ini jarang tumbuh dalam bentuk asli, akan tetapi pada umumnya kita dapatkan dalam aneka macam varietas. Sebagian besar varietas tumbuh setinggi 60-150 cm. aneka macam yang popular adalah:



  • Dracaena deremensis Warneckii

    Varietas ini sanggup tumbuh baik ditempat yang Intensitas cahayanya rendah. Daun dari varietas ini berbentuk menyerupai pedang, kaku, berukuran panjang 40-60 cm, lebar 5 cm. warna daun hijau bubuk dengan strip berwarna putih.

  • Dracaena deremensis Yanet Craig

    Warna daun varietas ini hijau tua. Bentuk daun menyerupai pita dengan panjang sekitar 30-45 cm dan lebar 5 cm.

  • Dracaena deremensis Longii

    Varietas ini mempunyai bentuk daun menyerupai Yanet Craig, namun lebih panjang dan ramping, bab ujung meruncing kecil. Warna daun hijau bau tanah ditengahnya berwarna putih lebar membujur dan pangkal hingga ujung daun.


Dracaena fragrans

Jenis tumbuhan ini tumbuh jangkung dan kalau tumbuhan ini tidak dipangkas sanggup mencapai ketinggian lebih dari 5 m. Tanaman yang masih muda sangat indah dan anggun kalau ditanam didalam pot dan ditaruh diatas meja.


Panjang daunnya yaitu sekitar 45-75 cm dan lebar 5-7,5 cm. Daun tersebut tumbuh kesegala arah, satu sama lain tumbuh saling berimpitan rapat, warna daun hijau. Tanaman yang termasuk varietas ini antara adalah:



  • Dracaena fragrans Lindenii

    Varietas ini bab tepi daunnya berwarna hijau cerah hingga kuning dan bab tengah berwarna hijau membujur sepanjang daun.

  • Dracaena fragrans Masangeana

    Varietas ini mempunyai warna daun hijau bau tanah dan bab tengah berwarna hijau membentuk pita pada sepanjang daun.


Dracaena godseffiana (Si Embun Emas)

Jenis tumbuhan ini tumbuh pendek dan kecil. Bentuk daun lonjong pendek, tumbuh berpasangan saling berhadapan. Warna daun hijau bau tanah dan pada permukaan daun terdapat bintik kuning menyerupai emas.


Batang dan cabang-cabangnya tumbuh kecil, kurus menyerupai kawat, jenis Dracaena ini sama sekali tidak mempunyai kemiripan dengan jenis-jenis lainnya. Tanaman yang termasuk varietas ini antara lain adalah:



  • Dracaena godseffiana Florida Beauty

    Varietas ini mempunyai daun hijau bau tanah dengan bintik kuning.

  • Dracaena godseffiana Milky Way

    Varietas ini menyerupai dengan Dracaena godseffiana Florida Beauty. Pada bab tengah daun terdapat bentuk menyerupai pita berwarna kuning muda dan dikanan kirinya berwarna hijau dengan bintik halus.

  • Dracaena godseffiana gold Dust (Gold Dust Dracaena)

    Varietas ini mempunyai warna daun hijau bau tanah dan seluruh permukaan daun terdapat bintik halus atau kecil.


Dracaena marginata Tricolour

Jenis Dracaena ini mempunyai bentuk daun kecil menyerupai pita, ramping, berwarna hijau gelap dan bab tepinya merah. Varietas Dracaena marginata Tricolour mempunyai tiga macam warna yaitu merah, hijau, dan putih.


Pada bab tepi daun berwarna merah, disusul warna hijau, kemudian putih. Setiap warna membentuk strip panjang dari pangkal hingga ujung daun.


Dracaena sanderiana virescens

Jenis Dracaena ini mempunyai warna daun hijau yang bab bawahnya berwarna hijau pucat berbentuk pita yang lebar dan memanjang disepanjang daun. Ukuran daun relatif lebih kecil dan pendek kalau dibandingkan dengan Dracaena fragrans.


Dracaena surculata punculata

Jenis Dracaena ini mempunyai bentuk batang dan cabang menyerupai dengan jenis Dracaena godseffiana lainnya. Daunnya lebih kecil dan pada ujungnya lebih runcing. Warna daun hijau muda dengan bintik kecil berwarna kuning tak beraturan.


Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Dracaena


Kebutuhan Cahaya Tanaman Dracaena


Dracaena akan tumbuh paling bagus kalau mendapat cahaya matahari tidak langsung. Jika tumbuhan ini hanya mendapat cahaya buatan dari lampu, maka cahaya yang diperlukan yaitu cahaya berkekuatan 400 f.c.


Kebutuhan Suhu Tanaman Dracaena


Pada siang hari Dracaena membutuhkan suhu lingkungan sekitar 75°F-80°F dan pada malam hari sekitar 65°F-70°F.


Perbanyakan Tanaman Dracaena


Perbanyakan tumbuhan dilakukan dengan cara memakai stek batang atau memisahkan sebagian rumpun.


Media Tanam Tanaman Dracaena


Media tanam yang baik untuk tumbuhan Dracaena yaitu gabungan tanah, pupuk kompos atau pupuk sangkar dan pasir garang dengan perbandingan 1:1:1. Media tumbuhan ini harus selalu dalam keadaan berair sepanjang waktu. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok the super phosphate 20%, 1 sdm kapur, dan 2 sdt pupuk 5-10-5.


Pemupukan Tanaman Drecaena


Pemupukan tumbuhan Dracaena cukup dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemupukan tumbuhan yang gres dibeli atau dilakukan pengepotan kembali harus menunggu setelah 6 bulan.


Pengepotan kembali Tanaman Drecaena


Pengepotan kembali dilakukan kalau akar tumbuhan telah memenuhi pot. Pengepotan kembali ini sanggup dilakukan setiap saat.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel