Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah  – Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia) yaitu tumbuhan berupa pohon yang termasuk jenis pohon evergreen dan berasal dari wilayah India. Tanaman ini disebut sebagai pohon evergreen alasannya yaitu tumbuhan ini sanggup tumbuh dengan baik meski lingkungan kawasan menanamnya mengalami perubahan cuaca atau iklim. Tanaman glodokan ini sanggup tumbuh sampai ketinggian 30-35 meter.


Klasifikasi Glodokan Tiang

Kingdom: Plantae

Filum: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Magnoliales

Famili: Annonaceae

Genus: Polyalthia

Spesies: Polyalthia longifolia


Tanaman glodokan ini termasuk tumbuhan terkenal yang sering dijadikan sebagai tumbuhan hias, tumbuhan pagar hidup ataupun tumbuhan pelindung yang sanggup menyerap polusi. Berikut Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang:


Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang


Cara Pembibitan Pohon Glodokan Tiang


Pembibitan tumbuhan glodokan tiang sanggup dilakukan melalui biji. Tanam biji glodokan tiang dengan cara menyemainya terlebih dulu pada media tanam yang dibentuk dari adonan tanah dan kompos/pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1 yang sudah dimasukkan dalam polybag semai. Semai bibit yang sudah matang saja, yang sudah kering tepat dan didiamkan minimal selama 3 minggu. Semaikan bibit sampai tumbuh tunas dengan ketinggian 15 cm baru, sesudah itu bibit sanggup dipindahkan ke lahan tanam sebenarnya.


Cara Menanam Pohon Glodokan Tiang


Setelah bibit siap, maka tanam pada media tanam dengan pengolahan yang sama menyerupai pengolahan media semai yaitu adonan tanah dan pupuk kandang/pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 . Usahakan penanaman dilakukan bersama dengan media tanam dalam polybag semainya. Tata dalam posisi tanam yang dikehendaki semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik contohnya berderet, melingkar, membentuk persegi dan lain sebagainya. Lakukan penyiraman secara intensif semoga tumbuhan sanggup tumbuh baik di awal masa tanam.


Cara Merawat Pohon Glodokan Tiang


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan glodokan tiang yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman sanggup dilakukan apabila diperlukan saja atau melihat kondisi lahan tanam. Sedangkan pemupukan sanggup dilakukan minimal setiap 1 sampai 2,5 bulan. Namun selain dua perawatan tersebut, sanggup dilakukan pula pemangkasan kalau tidak ingin tumbuhan tumbuh tinggi.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel