Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Hibrida Agar Cepat Panen Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Hibrida Agar Cepat Panen Bagi Pemula – Jagung atau Zea mays yaitu salah satu jenis tumbuhan pangan penghasil karbohidrat. Tanaman jagung mempunyai tinggi yang bervariasi mulai dari 2 meter – 2,5 meter bahkan bisa mencapai ketinggian 12 m, tangkai batangnya beruas-ruas dengan ukuran sekitar 20cm/ruas, daun jagung tidak mempunyai tangkai tetapi mempunyai lebar sekitar 9 cm dengan panjang sekitar 120 cm.


Jagung bibit unggul merupakan jenis jagung keturunan eksklusif (F1) hasil persilangan 2 atau lebih varietas jagung yang mempunyai sifat unggul dari masing-masing varietas yang disilangkan. Sifat unggul yang ditawarkan biasanya yaitu bisa bertongkol 2, ukuran biji lebih besar, ukuran tongkol lebih besar, masa panen lebih singkat dan lain sebagainya.


Klasifikasi Jagung

Kerajaan: Plantae

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas: Monokotil

Ordo: Poales

Famili: Poaceae

Genus: Zea

Spesies: Z. mays


Cara Budidaya Jagung Hibrida


Syarat Tumbuh Jagung Hibrida


Tanaman jagung sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi denngan lahan yang terpapar cahaya matahari eksklusif minimal 8 jam per hari, mempunyai kadar keasaman tanah (pH) 5,5-7,5, mempunyai cukup kandungan unsur hara, bersahabat dengan sumber air untuk penyiraman serta mempunyai tanah yang gembur (bisa dibajak terlebih dahulu semoga gembur)


Persiapan Lahan Tanam Jagung Hibrida


Lahan yang akan dijadikan lahan tanam diolah terlebih dahulu. Tanah pada lahan digemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak sembari dibentuk alur-alur untuk sumbangan pupuk dasar. Lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk sangkar dan pupuk kimia. Selain itu, sanggup pula dilakukan pengapuran dengan memakai kapur dolomit.


Setelah dilakukan pemupukan dasar, buatlah bedengan berukuran tinggi sekitar 5-10 cm dan lebar sekitar 30-40 cm dengan panjang menyesuaikan lahan. Kemudian buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm di sepanjang alur bedengan.


Cara Menanam Jagunng Hibrida


Benih jagung bibit unggul yang akan ditanam pastikan mempunyai mutu yang baik. Benih jagung hibdrida sanggup dibeli di toko pertanian. Kemudian, tanamkan pada lubang yang sudah dibentuk dengan diisi 2 biji/lubang tanam dan lalu ditutup kembali dengan tanah. Maka, bibit akan tumbuh sesudah berumur sekitar 47 hari. Setelah biji jagung tumbuh sekitar 5 cm-10 cm, maka lakukan perawatan secara terpola sampai masa panen tiba.


Cara Merawat Jagung Hibrida


Lakukan penyiraman secara rutin setiap seminggu sekali atau sesuai kondisi lahan dan cuaca. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan jagung dengan interval setiap 2-3 ahad sekali.


Setelah tumbuhan jagung berumur 1 bulan, lakukan pemupukan susulan dengan memakai pupuk NPK yang dicampur dengan ZA dengan perbandingan 3:1. Bersamaan dengan pemupukan, lakukan pula penyiangan.


Masa Panen Jagung Hibrida


Pemanenan jagung sanggup dilakukan sesuai dengan tujuan. Jika ingin dijadikan jagung rebus, maka jagung sanggup dipanen sesudah berumur 65 hari. Jika ingin dijual kering maka tunggu sampai menua yaitu sekitar 90 hari.


Demikian artiklel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Hibrida Agar Cepat Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Hibrida Agar Cepat Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel