Sambung Susu Black Sapote

Ada pemandangan istimewa ketika menjumpai sesosok pohon induk black sapote  Sambung Susu Black SapoteAda pemandangan istimewa ketika menjumpai sesosok pohon induk black sapote Diospyros nigra di kebun Eddy Soesanto di Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Belasan polibag tampak bergelantungan di sebatang bambu dengan pengikat tali rafia pada salah satu cabang pohon tersebut. Saat diamati lebih cermat, batang-batang tanaman pada polibag itu melekat di cabang induk.


Itulah cara sambung susu untuk memperbanyak bibit. Dengan cara itu tingkat keberhasilan mencapai 100%. Eddy menggunakan batang bawah black sapote berumur 1,5 tahun dan berdiameter cabang 1-2 cm. Eddy lantas memotong miring batang bawah dari pangkal batang sepanjang 4 cm.


Cabang dari pohon induk pun diperlakukan serupa sesudah sebelumnya sudah dipilih calon entres yang berdiameter sama besar dengan batang bawah bibit. Kedua batang itu lantas disatukan kemudian ikat dengan plastik es sampai menutupi seluruh sambungan. Pascasambung batang bawah pada polibag disiram setiap 2 hari. Dalam satu cabang dapat 4-5 sambung susu. Setelah 2,5 bulan biasanya sambungan merekat tepat dan ia siap dipotong dari induknya.


Belum ada Komentar untuk "Sambung Susu Black Sapote"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel