Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji

Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji – Rosmarin (Rosmarinus officinalis) ialah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya disebut dengan rosemary. Rosmarin biasa dipakai pada masakan daerah Laut Tengah, menyerupai masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia.


Tumbuhan rosemary relatif tahan kering serta mempunyai khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya. Teh rosmarin sanggup membantu mengatasi problem reumatik dan tanda-tanda flu. Tanaman ini biasanya cocok dipakai sebagai teh maupun materi makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan Vitamin B6.


Cara Menanam Rosemary dari Biji


Syarat Tumbuh Rosemary


Tanaman rosemary sanggup tumbuh maksimal di dataran rendah dengan suhu berkisar 30-35 derajat Celcius. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang hari. Termasuk tumbuhan bertubuh pendek sebab pertumbuhan maksimal hanya mencapai 40 cm saja, juga mempunyai bunga yang hanya tumbuh pada bulan-bulan tertentu.


Cara Menanam Rosemary


Menyemai Benih/Biji Rosemary


Sebelum disemai, rendam biji selama 4-6 jam dalam air bersih. Benih akan tumbuh baik dalam kondisi lembab pada temperatur udara sekitar 25-30 derajat Celsius. Tunggu sampai 6-8 minggu, maka biji rosemary akan tumbuh. Setelah muncul daun dan batangnya, tumbuhan rosemary membutuhkan cahaya matahari secara tidak pribadi dengan temperatur yang konsisten pada kisaran 25-30 derajat Celsius. Jika sudah tumbuh setinggi 7,5 cm maka bibit rosemary siap untuk dikeluarkan dari media penyemaian dan dipindahkan dalam pot. Lakukan pemindahan dengan hari-hati semoga tidak merusak akar.


Tanaman rosemary mempunyai ketahanan yang baik terhadap hama maupun penyakit. Selain mempunyai ketahanan yang baik, rosemary juga bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit menyerupai flu dan rematik. Tanaman ini sering dipadukan dengan teh dan akan memberi rasa damai sebab daunnya beraroma sangat harum.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel