Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah

Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah – Rosmarin (Rosmarinus officinalis) ialah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya disebut dengan rosemary. Rosmarin biasa dipakai pada masakan tempat Laut Tengah, menyerupai masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia. Bunga rosemary berwarna ungu muda sekilas menyerupai dengan bunga anggrek yang sedang mekar.


Ada aneka macam macam jenis rosemary diantaranya jenis yag cenderung tumbuh pendek atau jenis yang tinggi dan rimbun. Rosemary juga ada yang mempunyai bunga yang berwarna biru muda, putih dan kebanyakan berwarna ungu.


Tumbuhan rosemary relatif tahan kering serta mempunyai khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya. Teh rosmarin sanggup membantu mengatasi persoalan reumatik dan tanda-tanda flu. Tanaman ini biasanya cocok dipakai sebagai teh maupun materi makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B6.


Selain ditanam dari biji, rosemary sanggup ditanam melalui cuttings atau stek batang. Berikut cara menanam Rosemery melalui stek batang:


Cara Menanam Rosemary Melalui Stek Batang


Persiapan Stek Batang Rosemary


Potongan stek batang rosemary sanggup diperoleh di toko atau menciptakan stek batang sendiri dari tumbuhan rosemary yang telah dipilih. Pilih penggalan tumbuhan yang manis baik batang maupun daunnya dan juga sudah cukup umur. Jika sudah dipilih, potong rosemary sepanjang 4 inchi.


Cara Menanam Rosemary


Tanam potongan rosemary dalam pot yang sudah terisi dengan media tanam berupa gabungan tanah, pasir berangasan dan lumut gambut dengan perbandingan 2:1:1. Letakkan pot pada tempat yang terkena sinar matahari. Lakukan penyiraman secara teratur sampai penggalan akarnya terbentuk, kemungkinan sekitar 20 hari.


Untuk menjaga calon bibit rosemary tetap hangat dan lembab, pot tadi sanggup dimasukkan ke dalam kantung plastik yang diberi beberapa lubang diatasnya. Suhu yang terjaga sanggup membantu stek batang rosemary cepat tumbuh. Untuk menawarkan nutrisi yang lebih baik, lakukan perendaman penggalan ujung dari potongan rosemary dari dalam debu akar.


Pemindahan Bibit Rosemary


Setelah akar mulai terbentuk, pindahkan rosemary ke dalam pot yang lebih besar atau di halaman rumah alasannya ialah tumbuhan ini gampang menyesuaikan diri di aneka macam lingkungan.


Perlu diketahui, aroma rosemary tergantung dari tingkat keasaman tanah, semakin basa tekstur tanah maka aroma harum rosemary semakin terasa.


Cara Merawat Tanaman Rosemary


Lakukan penyiraman secukupnya saja. Tanaman rosemary bukan jenis tumbuhan yang membutuhkan pupuk, tapi pastikan tanah mengandung kapur. Jika tumbuhan rosemary sudah tumbuh cukup besar maka lakukan pemangkasan semoga tumbuh lebih rapi.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel