Panduan Lengkap Cara Budidaya Semangka Secara Hidroponik Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Semangka Secara Hidroponik Bagi Pemula Agar Sukses – Semangka (Citrullus lanatus) ialah salah satu tumbuhan buah rambat yang berasal dari famili Cucurbitaceae, Tanaman buah ini berasal dari kawasan setengah gurun di Afrika Selatan. Tanaman semangka mempunyai buah dengan kulit keras dan berwarna hijau muda atau pekat dengan garis atau larik berwarna hijau tua. Daging buah semangka berair dan berwarna merah atau kuning tergantung kultivarnya. Biasanya buah semangka dimakan eksklusif atau juga dibentuk jus.


Klasifikasi Ilmiah Semangka

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Cucurbitales

Famili: Cucurbitaceae

Genus: Citrullus

Spesies: Citrullus lanatus


Kali ini kita akan membahas cara menanam budidaya semangka secara hidroponik, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Menanam Semangka Secara Hidroponik


Pemilihan Bibit Semangka


Benih semangka sanggup diperoleh di toko bibit terdekat. Pilih bibit yang mengkilap, permukaan licin, berwarna kehitaman, bebas dari hama dan penyakit serta normal tidak cacat.


Setelah didapatkan, biji direndam terlebih dahulu dengan larutan fungisida selama sekitar 24 jam.


Persiapan Media Tanam Semangka Hidroponik


Siapkan alat dan materi menyerupai timer, pipa paralon, torn penampung air, mesin pompa akuarium, gabus atau busa dan talang air. Setelah itu, lakukan persemaian bibit semangka.


Siapkan media semai berupa kertas karton atau lainnya dan juga kapas/gabus yang sudah dibasahi. Setelah itu, lakukan perendaman bibit kembali dengan larutan antonik atau fungisida selama 2-3 jam.


Setelah itu, semai bibit sampai berkecambah. Jika sudah mulai tumbuh akar kecambah, pindahkan bibit dengan pemberian bubuk sekam biar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan semakin cepat. Lakukan pemeliharaan sampai tumbuhan membesar dan mempunyai banyak akar.


Setelah bibit berumur 1-2 ahad atau mempunyai 3-4 helai daun, pindahkan bibit ke media tanam hidroponiknya.


Penanaman Semangka Hidroponik


Buat media hidroponik dari pipa paralon yang dilubangi berbentuk bundar dengan ukuran panjang 3-5 cm kemudian tutup ujung kanan dan kiri lubang dengan plastik dan memakai media air yang sudah dicampur dengan nutrisi atau pupuk cair. Selain itu, gunakan media pot dengan sedikit lubang, bubuk sekam dan berikan pula pompa akuarium biar media air sanggup berjalan lancar.


Saat melaksanakan penanaman, sebaiknya melaksanakan pedoman automatis pmberian nutrisi yang sudah ditata rapi dan tersusun dengan timer.


Pemeliharaan dan Perawatan Semangka Hidroponik


Pastikan media air pada hidroponik semangka tetap steril dari hama dan penyakit. Segera lakukan penyiangan bila ada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya disekitar tumbuhan semangka. Agar nutrisi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan semangka terpenuhi, lakukan pemupukan susulan dengan memakai pupuk urea cair, pupuk kompos cair dan lainnya dengan takaran yang sesuai.


Masa Panen Semangka Hidroponik


Pemanenan semangka hidroponik sanggup dilakukan sekitar 2-3 bulan sehabis masa tanam. Ciri buah semangka yang siap panen yaitu tangkainya sudah menguning, buahnya berukuran besar dan kembung bila diketuk. Cara memanennya yaitu dengan memotong tangkai buahnya.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Semangka Secara Hidroponik Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Semangka Secara Hidroponik Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel