Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses – Kutu air ialah kelompok zooplankton yang merupakan pakan alami bagi hewan-hewan air. Biasanya kutu air ini banyak dipakai untuk pakan benih ikan dan juga pakan jenis ikan hias ibarat ikan cupang atau guppy. Kandungan protein kutu air sanggup mencapai 66% dan lemak sekitar 6%, sehingga kutu air sangat cocok diberikan untuk pakan benih ikan yang masih dalam tahap pertumbuhan.


Ada 2 jenis kutu air yang paling gampang dibudidayakan dan ketersediaan bibitnya banyak yaitu daphnia dan moina. Keduanya merupakan jenis udang renik yang masuk dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea dan ordo caldocera.


Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu


Pemilihan Jenis Kutu Air Yang Akan Dibudidayakan


Umumnya, ada dua jenis kutu air yang relatif gampang dibudidayakan yaitu jenis Daphnia dan moina. Jenis tersebut relatif sangat gampang dibudidayakan serta bibitnya juga gampang ditemukan. Keduanya masih ke dalam jenis dan famili udang renik Anthropoda.


Persiapan Tempat Budidaya Kutu Air


Siapkan wadah bekas, ibarat ember atau ember atau juga bak. Setelah itu, isi wadah tersebut dengan air sampai tersisa 3/4 belahan wadah.


Jika sudah, letakkan wadah tersebut pada kawasan terbuka atau di kawasan yang ternaungi. Apabila meletakkannya diluar rumah maka kalian wajib waspada ketika hujan datang sebab air di dalam wadah sanggup meluap dan menghanyutkan kutu air yang dibudidayakan. Setelah wadah siap, maka kalian sanggup memasukkan benih kutu air.


Pemberian Tambahan Media Susu


Susu yang sanggup dipakai sebagai media budidaya kutu air ialah susu bubuk. Sesuaikan derma susu abu dengan media kutu air. Pertama, larutan 10 sendok makan susu abu ke dalam 1 liter air kemudian aduk sampai merata.


Sebagai materi perbandingan, kalian sanggup memperlihatkan 4 sendok makan susu ke dalam 2 liter media. Artinya, kalau kalian memakai kolam berkapasitas 10 liter maka kalian sanggup memperlihatkan 20 sendok makan susu ke media budidaya. Cukup berikan ke permukaan media air tanpa diaduk.


Perlu diketahui, penggunaan susu ini jangan terlalu banyak sebab sanggup membahayakan kutu air sampai kutu air tidak sanggup bereproduksi optimal. Selain itu, kalau terlalu banyak susu juga akan mengakibatkan wangi yang tidak sedap dan tentunya akan mengganggu.


Pemanenan Kutu Air


Setelah satu bulan, maka kalian akan melihat perubahan berupa pertambahan populasi di dalam wadah media. Untuk mengatasi kepadatan yang berlebihan maka kalian sanggup memindahkannya ke kawasan atau wadah yang baru.


Demikian artikel pembahasan tentang” Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses “, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel