Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses – Sweet tamarind atau asam bagus (Tamarindus indica L.) merupakan kultivar buah asam yang berukuran lebih besar dan berasa manis, awalnya diperkenalkan dari Thailand. Nama lain Sweet tamarind di Indonesia disebut asam Thailand, asam bangkok, atau asam manis.


Sweet tamarind mempunyai buah yang lebih tebal dan terasa manis, buah bentuk ibarat polong yang menggelembung pada 1, 2, atau 3 bab pod atau buahnya, kebanyakan tidak silindris, aneka bentuk dari lurus maupun bengkok, serta daging buahnya berwarna cokelat atau hitam ketika sudah sangat matang.


Ada 2 jenis sweet tamarind yang terkenal yaitu asam jawa bagus (asam kaba) dan asam bagus lakham (asam Bangkok). Asam kaba merupakan varietas asam jawa yang mempunyai rasa manis. Tanaman ini awalnya dibudidayakan di Thailand.


Biji asam jawa bagus berwarna coklat tua, mengilap dan berbentuk pipih persegi dan keras. Asam lakham (asam Bangkok) berukuran lebih besar daripada asam kaba, lebih panjang, daging buah lebih tebal dan rasanya manis. Daging buah bertekstur lebih lembut dan kulit buahnya lebih tipis tapi liat dan tidak gampang pecah. Skala rasa bagus 14,3 briks (skala bagus tebu sekitar 18-20 briks).


Bagian tumbuhan sweet tamarind ini ibarat daun, buah, kulit kayu, dan akar juga mempunyai kegunaan sebagai obat tradisional antara lain batuk, demam, rematik, mengobati luka luar, pencahar, antiseptik, dan meningkatkan nafsu makan.


Klasifikasi Ilmiah Sweet Tamarind

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Upafamili: Caesalpinioideae

Bangsa: Detarieae

Genus: Tamarindus

Spesies: T. indica


Cara Budidaya Sweet Tamarind atau Asam Manis atau Asam Bangkok


Syarat Tumbuh Sweet Tamarind


Tanaman asam sanggup tumbuh dengan baik di aneka macam jenis kondisi tanah dan juga iklim. Tanaman asam sanggup tumbuh pada tanah berpasir atau tanah liat, mulai dataran rendah sampai dataran menengah dengan ketinggian 1000 m dpl sampai 1500 m dpl.


Pedoman Budidaya Sweet Tamarind


Bibit asam sanggup diperbanyak melalui benih, cangkok, penyambungan dan penempelan. Cara yang biasanya dilakukan ialah penempelan atau penyambungan dan biasanya bibit ditanam pada awal animo hujan dengan jarak penanaman sekitar 8-10 meter.


Pemeliharaan Sweet Tamarind


Biasanya pohon hasil penyambungan sanggup berbuah pada umur 3-4 tahun.Pengaturan ukuran pohon meliputi jarak tanam yang rapat yaitu sekitar 500 batang/hektar. Lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru, selain itu lakukan pengairan, pemupukan dan dukungan tanaman.


Panen dan Pasca Panen Sweet Tamarind


Pemanenan asam sanggup dilakukan ketika asam masih dalam bentuk polong hijau atau setengah matang, ini biasanya dipakai untuk bumbu penyedap dan polong matang untuk diproses.


Saat setengah matang, kulit asam gampang dikupas; daging buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan dan konsistensinya ibarat daging buah apel. Saat matang, daging buahnya mengkerut alasannya hilang kelembapannya, dan berubah warnanya menjadi coklat kemerah-merahan dan menjadi lengket. JIka seluruh polongnya akan dijual, buahnya harus dipanen dengan cara menjepitnya untuk menghindari kerusakan polong. Nantinya, asam ini akan jatuh secara alami.


Harga asam manis, asam bangkok atau sweet tamarind lebih mahal daripada yang asam.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel