Panduan Lengkap Cara Budidaya Nilam Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Nilam Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula – Nilam (Pogostemon cablin) merupakan tumbuhan semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam. Minyak nilam dalam perdagangan internasional dikenal dengan minyak patchouli alasannya minyak ini berasal dari sulingan daun. Minyak nilam banyak dipakai parfum atau wangi-wangian dan juga sebagai materi dupa atau setanggi di tradisi timur.


Tanaman nilam berupa semak yang sanggup tumbuh sampai ketinggian 1 meter. Tanaman nilam menyukai tenpat yang bersuasana teduh, hangat dan juga lembab. Karena harga minyak nilam lebih tinggi dibandingkan minyak atsiri, sekarang banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melaksanakan budidaya tumbuhan nilam ini. Jika anda tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup melaksanakan budidaya nilam dalam pot atau polybag, berikut cara menanam nilam dalam pot atau polybag:


Cara Budidaya Nilam Dalam Pot/Polybag Bagi Pemula


Persiapan Bibit dan Penanaman Nilam


Bibit nilam sanggup diperbanyak dengan setek pucuk atau setek batang. Batang yang akan dijadikan bibit ialah batang yang sudah cukup tua, mempunyai diameter sekitar 0,8-1 cm dan panjang sekitar 20-30 cm.


Stek batang diambil dari tumbuhan induk yang sehat, muda dan agak berkayu dengan 3-5 mata tunas. Sedangkan stek pucuk mempunyai 4-5 buku dengan 3-4 mata tunas atau 3 helai daun.


Jika bibit sudah siap, segera lakukan penanaman. Siapkan polybag tanam kemudian isi dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Masukkan media tanam 3/4 cuilan polybag kemudian tanam bibit nilam dan isi media tanam kembali.


Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Nilam


Lakukan penyulaman pada tumbuhan yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan tumbuhan yang baru. Selain itu, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar ataupun pupuk Sp-36, KCl dan juga NPK. Selain pupuk tersebut sanggup juga dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Pada ketika tumbuhan brumur sekitar 1 bulan, beri pupuk KCl atau SP-36 dan juga NPK dengan takaran sekitar 1/4 cuilan dan 1/3 bagian. Lakukan pula pemupukan tersebut sehabis pemanenan pertama, dan sisanya dilakukan sehabis pemanenan kedua dan ketika semoga pertumbuhan tumbuhan lebih optimal.


Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang diharapkan tumbuhan untuk tumbuh. Penyiangan ini sanggup dilakukan setiap 3 bulan sekali. Setelah tumbuhan berumur 3 bulan lakukan pemangkasan. Pemangkasan tersebut dilakukan pada cabang tingkat 3 keatas. Pemangkasan atau penjarangan ini dilakukan semoga tumbuhan terhindar dari hama dan penyakit.


Masa Panen Nilam


Pemanenan nilam sanggup dilakukan ketika tumbuhan nilam berumur 6-8 bulan. Agar kandungan minyaknya tinggi, pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari menjelang malam dan juga usahakan pemanenan dilakukan sebelum daun nilam berkembang menjadi coklat.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Nilam Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa


Baca Artikel Lainnya :


/su_spoiler]

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Nilam Dalam Pot atau Polybag Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel