Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Cabe Rawit atau Cabai Rawit (Capsicum frutescens) ialah salah satu tumbuhan dari famili Solanaceae. Tanaman ini ialah tumbuhan yang berasal dari Benua Amerika.


Tanaman cabai rawit dimanfaatkan buahnya untuk bumbu masakan, buah cabai rawit mempunyai warna yang akan berubah dari hijau menjadi merah saat matang. Walaupun mempunyai ukuran yang kecil dibandingkan dengan varietas lain, tapi buah cabai rawit mempunyai tingkat kepedasan yang cukup pedas yaitu sekitar 50-100 ribu pada skala Scoville. Manfaat cabai rawit diantaranya yaitu sanggup meningkatkan sirkulasi darah, sanggup membantu mengobati nyeri otot, juga sanggup membantu detoksifikasi.


Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Bagi Pemula


Persiapan Benih Cabe Rawit Organik


Benih cabai organik sanggup dibeli di toko benih ataupun toko pertanian atau sanggup juga menciptakan sendiri dengan mengambil benih secara eksklusif dari buahnya. Pilih buah cabai yang sudah bau tanah dari tumbuhan cabai sehat dan tidak terkena hama ataupun virus. Selanjutnya, keringkan cabai organik di bawah terik matahari atau sanggup eksklusif membelah buahnya dengan pisau secara perlahan. Kemudian, kumpulkan biji cabai organik dalam satu wadah dan angin- anginkan selama 1-2 hari.


Jika benih sudah siap, selanjutnya lakukan penyemaian. Siapkan tray semai atau polybag kemudian isi dengan media tanam berupa tanah gembur, sebelum disemai benih di rendam dalam air hangat tunggu sampai suhu air berubah masbodoh dan tiriskan benih cabai organik. Setelah itu, angin- anginkan sebentar sampai air mengering.


Jika sudah siap semua, taburkan benih cabai organik dan tutup benih pada media semai memakai tanah secara tipis. Setelah itu, semprotkan sedikit air untuk melembabkan tanah pada media, dan letakkan pada ruang dengan sedikit cahaya matahari.


Penanaman Cabe Organik


Jika benih cabai sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5- 7 cm, maka sanggup dipindahtanamkan secara eksklusif ke tanah atau dalam pot.


Jika menanam cabai rawit organik secara langsung, maka harus dilakukan pembersihan, penggemburan, pemupukan lahan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengukur pH tanah, pH yang baik untuk menanam cabai organik yaitu sekitar 5-7. Jika pH tanah terlalu asam, maka anda sanggup menaburkan kapur dolomit terlebih dahulu.


Apabila menanamnya di dalam pot maka hanya perlu mengisi pot berukuran sedang dengan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang tanam dan memasukkan bibit cabai organik secara perlahan kemudian tutup lubang tanam dan padatkan.


Perawatan Hingga Panen Cabe Rawit Organik


Lakukan penyiraman secara rutin dan sesuaikan dengan cuacanya. Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2 ahad sekali untuk menjaga kesuburan tumbuhan cabe. Selanjutnya, lakukan penyiangan dan pencucian media tanam setiap 2 ahad sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Cabe Rawit Organik Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel