Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium

Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula



Cara Budidaya Ikan Arwana – Ikan Arwana yaitu salah satu jenis ikan eksotis yang digemari oleh banyak orang sebagai ikan hias. Meski berlabel sebagai ikan hias akan tetapi Arwana yaitu ikan yang ganas dan justru di situlah letak keunikan ikan ini sehingga mempunyai aneka macam penggemar.


Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium


Ada beberapa jenis ikan Arwana yang sanggup kita temui untuk dipelihara, beberapa jenisnya yaitu jenis ikan Arwana Super Red yang mempunyai tampilan sangat bagus berwarna merah, jenis ikan golden Arwana yang juga sangat bagus dan jenis ikan Arwana Silver yang bertampang ganas dan elegan.


Bisnis Budidaya Ikan Arwana


Karena termasuk jenis ikan eksotik yang disukai oleh banyak orang, harga jual ikan Arwana terbilang cukup tinggi. Harganya sangat bervariasi tergantung jenis ikan arwana itu sendiri dan juga keunikan yang dimiliki oleh ikan tersebut. Oleh alasannya itu budidaya ikan Arwana sanggup menjadi sebuah lahan bisnis yang menjanjikan, mengingat nilai jual ikan Arwana juga termasuk stabil.


Bagi kalian yang ingin mencoba berikut akan kami sajikan beberapa tips mengenai teknik budidaya ikan Arwana. Memelihara ikan Arwana tidaklah sulit, demikian juga dengan cara beternak ikan ini, asalkan kita mengerti tekniknya.


Cara Budidaya Arwana Di Akuarium


Budidaya ikan Arwana tidak hanya sanggup dilakukan di kolam-kolam pembibitan, dimana untuk membuatnya kita memerlukan lahan khusus dan biaya yang cukup besar. Akan tetapi kita juga sanggup memakai media akuarium untuk melakukannya. Akuarium yang akan kita gunakan harus berukuran cukup besar dan mempunyai fasilitas-fasilitas penunjang yang layak untuk proses beternak ikan, ibarat pengatur suhu udara, alat untuk sirkulasi air dan juga pemancar gelembung-gelembung udara untuk menyediakan oksigen di dalam air.


Cara Beternak Arwana


Kita sanggup mendapat bibit dengan cara membeli bibit kualitas unggul “berupa larva” maupun melaksanakan proses pembenihan sendiri bila mempunyai indukan yang baik. Ikan Arwana yang masih menjadi larva diberikan pakan berupa cacing darah dan juga nutrisi-nutrisi buatan secara teratur. Selanjutnya sehabis mereka mencapai panjang sekitar 10 cm, bisa  mulai diberi makan berupa ikan runcah ataupun udang-udang kecil.


Untuk berhasil dalam beternak Arwana memang diharapkan keterampilan sehingga kira dituntut untuk memahami betul teknik beternak yang baik. Terapan budidaya dengan cara ternak yang sempurna akan sanggup mengoptimalkan hasil sekaligus meminimalisir kegagalan. Oleh lantaran itu sangat penting bagi semua pelaku budidaya ikan Arwana untuk mempelajarinya terlebih dahulu secara seksama sebelum benar-benar menjalankan bisnis ini.


Proses Pembesaran


Selanjutnya ikan-ikan yang tengah mulai sampaumur terus kita pelihara di dalam akuarium dengan peralatan-peralatan standar yang telah kita sebutkan tadi. Perlu diingat bahwa kita harus mengukur perbandingan antara besarnya akuarium dengan jumlah ikan di dalamnya dengan seksama biar proses pembesaran ikan berjalan dengan baik. Kita juga harus menjaga supaya lingkungan sekitar akuarium tenang, lantaran bila ikan tidak hening mereka akan tertekan dan panik sehingga saling bertabrakan.


Apabila ikan sering panik dan saling bertabrakan maka akan menyebabkan badan ikan terluka. Luka-luka tersebut bahwasanya sanggup pulih sendiri dengan proses regenerasi yang dialami ikan, namun tidak jarang juga luka-luka tersebut menjadi keanehan yang menyebabkan keindahan ikan berkurang dikala telah dewasa.


Selama proses pembesaran ikan, perawatan yang perlu kita lakukan yaitu menjaga kualitas air biar tetap aman memberi pakan-pakan yang bermutu, menunjukkan vitamin ikan untuk memastikan kebutuhan nutrisi ikan terpenuhi dan juga menjaga kesehatan air biar ikan tidak terjangkit penyakit. Itulah beberapa hal fundamental mengenai cara budidaya ikan Arwana di akuarium.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel