Cara Budidaya Brokoli Untuk Pemula Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Tanaman Brokoli Yang Menguntungkan



Cara Budidaya Brokoli – Brokoli merupakan salah satu sayuran yang ketika ini telah sangat terkenal bagi masyarakat di Indonesia. Beberapa khasiat sayur brokoli bagi badan yakni sanggup meningkatkan produksi protein di dalam tubuh.


Cara Menanam Tanaman Brokoli Yang Menguntungkan Cara Budidaya Brokoli Untuk Pemula Agar Cepat Berbuah


Kemudian kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli juga sanggup membantu melindungi jantung kita dari sel-sel yang bersifat merusak. Selain itu, konsumsi brokoli secara rutin juga sanggup menurunkan resiko timbulnya kanker, serangan jantung, stroke, anemia dan juga penyakit katarak.


Kesempatan Bisnis Budidaya Brokoli


Khasiat brokoli yang luar biasa tentunya akan selalu menciptakan jenis sayuran ini yang kalau dimakan rasanya renyah, semakin banyak mempunyai penggemar. Ditambah lagi negara kita yang mempunyai iklim dan kesuburan tanah yang sangat anggun untuk bercocok tanaman ini sanggup menjadi salah satu faktor yang sanggup mendukung perjuangan budidaya brokoli yang akan kita lakukan. Di sini akan kita simak beberapa info mengenai bagaimana cara budidaya brokoli.


Persiapan Lahan Untuk Budidaya Brokoli


Persiapan lahan kita lakukan dengan membersihkan lahan dari bekas atau sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Kemudian tanah kita bajak atau cangkul supaya gembur. Selanjutnya kita buat guludan-guludan selebar hingga 100 cm di atas lahan untuk menanam pohon atau tanaman brokoli. Tinggi guludan-guludan tersebut idealnya adalah 35 cm dan jarak antar guludan adalah sekitar 40 cm. Ph tanah yang disarankan yakni diatas 5,5. Jika lebih rendah maka sebaiknya kita lakukan pengapuran tanah.


Selanjutnya lahan kita pupuk memakai pupuk sangkar dengan jumlah secukupnya yang diadaptasi dengan luas lahan. Hal ini dimaksudkan supaya tanah menjadi lebih subur dan tanaman brokoli akan menghasilkan panen yang optimal, sehabis lahan final dipersiapkan selanjutnya kita sanggup lanjut ke tahap penanaman.


Cara Menyemaikan Benih Brokoli


Setelah mendapat benih yang baik, kita sanggup menyemaikan benih-benih tersebut dengan dua cara. Yang pertama yakni dengan menebarnya ke atas lahan dan yang kedua yakni dengan menanamnya di plastik-plastik polybag.


Untuk menjaga kelembaban udara biar benih segera tumbuh menjadi kecambah, kita sanggup menutupi benih-benih yang sedang disemaikan dengan daun-daun pisang. Kemudian sehabis kecambah tumbuh dan mempunyai daun sekitar 3 atau 4 helai daun maka penanaman pun siap untuk dilakukan. Biasanya benih-benih akan siap ditanam diatas lahan sehabis penyemaian selama 1 bulan.


Cara Menanam Bibit Brokoli


Cara menanam bibit brokoli yakni dengan memindahkan bibit-bibit yang sudah siap tanam ke atas guludan-guludan yang telah kita persiapkan sebelumnya. Kita harus mengaturnya dengan jarak tanam kira-kira 50 cm x 50 cm di atas guludan. Cara tanam bibit-bibit tersebut yakni dengan menanam kepingan akarnya ke dalam tanah guludan secara hati-hati jangan hingga akar dan daunnya rusak.


Pemeliharaan Dan Pemanenan


Pemeliharaan dilakukan dengan cara mengairi ladang brokoli secara teratur dan mencegah serangan-serangan hama binatang maupun penyakit. Untuk mengendalikan hama maka kita sanggup menyemprot tanaman dengan cairan anti hama secara teratur. Selanjutnya tanah perlu terus dipupuk sehingga tingkat kesuburannya tidak menurun. Setelah bunga tanaman brokoli mencapai ukuran terbesar mereka maka kita lakukan proses pemanenan.


Panen biasanya dilakukan sekitar 60 hari hingga 100 hari sehabis tanam, tergantung jenis brokoli yang ditanam. Setelah dipanen, selanjutnya kita lakukan penyortiran menurut ukuran bunga brokoli, sehabis itu brokoli sanggup di simpan terlebih dahulu atau pribadi didistribusikan.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Brokoli Yang Memiliki Berbagai Manfaat sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Brokoli Untuk Pemula Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel