Bertandang Ke Tsukiji Fish Market


Bagi penggemar ikan maritim rasanya belum pas jika berkesempatan berkunjung ke Jepang, tidak bertandang ke Tsukiji Fish Market di Tokyo. Itulah pasar ikan terbesar di dunia. Bayangkan setiap hari tidak kurang dari 2.880 ton dari 450 jenis ikan diperdagangkan di sana dalam kondisi segar.


Suasana hiruk-pikuk mulai tengah malam sampai pagi menjadi pemandangan sehari-hari kecuali Rabu dan Sabtu yang memang menjadi hari libur di pasar tersebut.


Kondisi Tsukiji Fish Market yang bebas bau, kecuali basi wangi ikan tersebut menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat banyak sekali lelang aneka jenis ikan, terutama tuna raksasa untuk menjadi sashimi. Bahkan saking berkelasnya lelang tuna di sana, pada 2011 silam tuna berbobot 342 kg yang ditangkap nelayan di maritim Utara Hokkaido memegang rekor harga lelang tertinggi. Tuna jenis single blue fin tuna itu terjual seharga 270.000 poundsterling (1 poundsterling = Rp14.000).


Tsukiji Fish Market yang diresmikan pada 2 Februari 1935 itu sudah ada semenjak kala ke-16 di zaman Kaisar Edo. Pasar yang semula berjulukan Uogashi itu dibangun Tokugawa Ieyasu, Kaisar pertama Edo, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tokyo.


Pasokan ikan ketika itu berasal dari nelayan-nelayan Osaka dan Tsukudajima. Seiring waktu Uogashi menjadi besar, bahkan mempunyai sekitar 20 pedagang kelas berat pada ketika itu. Sayang, gempa kanto yang tiba pada 1923 menghancurkan pasar tersebut sampai rata dengan tanah, sebelum lalu dibangun kembali dan diresmikan pada 1935.


Cukup gampang mencapai Tsukuji Fish Market. Cukup berjalan kaki sedikit dari Tsukiji Subway Station jalur Oedo Line Exit A1, atau 10 menit jalan kaki dari Tsukiji Subway Station jalur Hibiya line exit 1. Pilihan lain berjalan kaki sekitar 10 menit dari Higashi Ginza Subway Station jalur Hibiya Line exit 6.


Bagi penggemar ikan maritim rasanya belum pas jika berkesempatan berkunjung ke Jepang Bertandang Ke Tsukiji Fish MarketBagi wisatawan yang ingin melihat lelang tuna, perlu melaksanakan reservasi sebab kawasan yang disediakan pengelola lelang untuk wisatawan hanya 120 orang.


Acara lelang dibagi 2 tahap, ialah tahap pertama pada pukul 05.25-5.50 yang boleh disaksikan oleh 60 pendaftar pertama. Berikutnya 60 pendaftar kedua akan menyaksikan lelang pada pukul 05.50-06.15.


Bila sudah puas melihat lelang dan lapar, jangan khawatir. Di Tsukuji Fish Market banyak terdapat bermacam-macam kedai hidangan ikan yang ramai pengunjung. Mengapa ramai? Rupanya wisatawan serta penduduk lokal ingin mencicipi sensasi menyantap daging ikan segar dari tangan nelayan yang bercitarasa bagus dan segar.


Belum ada Komentar untuk "Bertandang Ke Tsukiji Fish Market"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel