Pesona Taman Nasional Gunung Gede Pangrango


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia dengan luas sekitar 21.975 ha. Secara manajemen TNGP berada di 3 kabupaten di Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.


Apa arti penting TNGP? Sebagai daerah konservasi dengan misi untuk perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari, keutuhan dan kelestarian ekosistem TNGP berjasa menyelamatkan owa jawa dari kepunahan serta pelindung bagi Kota Bogor dan Jakarta dari petaka banjir bandang ketika animo hujan. Itu tak lepas dari kemampuannya meresapkan air.


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mempunyai tanaman sekitar 900 jenis tanaman asli. Tipe ekosistem menurut ketinggian sanggup dibedakan dengan melihat dominasi jenis tumbuhannya. Sub Montana ditandai dengan dominasi jenis pohon rasamala Altingia excelsa dengan tanaman bawah semak belukar rapat: liana dan epifit.


Montana didominasi oleh jenis puspa Schima walichii dan jamuju Dacrycarpus imbricatus dengan tanaman bawah yang semakin jarang. Subalpin didominasi oleh santigi Vaccinium varingaefolium, kitanduk Leptospermum flavescens, dan bunga cinta abadi edelweis Anaphalis javanica.


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga rumah bagi banyak fauna. Tercatat 109 jenis mamalia, 260 jenis burung diantaranya yang termasuk langka dan endemik yakni Elang Jawa Spizaetus bartelsi, 11 jenis reptil, dan 10 jenis amfibi.


Di daerah TNGP terdapat 5 jenis primata menyerupai lutung hitam Trachypithecus auratus, simpanse ekor panjang Macaca fascicularis, serta jenis langka dan dilindungi, yakni owa jawa Hylobates moloch, surili Presbytis comata, serta kukang jawa Nycticebus javanicus. Satwa liar lain di TNGP antara lain anjing hutan Cuon alpinus javanicus, babi hutan Sus scrofa, kijang Muntiacus muntjak, kucing hutan Prionailurus bengalensis, dan macan tutul Panthera pardus.


Belum ada Komentar untuk "Pesona Taman Nasional Gunung Gede Pangrango"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel