Jambore Peternakan Nasional 2017 (2): Sapi Belgian Blue

Sejumlah orang sigap menurunkan Gatotkaca dari kolam kendaraan beroda empat serta menuntunnya menuju sangkar Jambore Peternakan Nasional 2017 (2): Sapi Belgian BlueSejumlah orang sigap menurunkan Gatotkaca dari kolam kendaraan beroda empat serta menuntunnya menuju kandang. Di dikala sama, Presiden RI Joko Widodo tengah bertemuwicara bersama peternak Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) di panggung utama Jambore Peternakan Nasional 2017. Joko Widodo akan melihat Gatotkaca sebelum menuju barisan domba dan kambing juara.


Gatotkaca sungguh istimewa. Dialah sapi jantan belgian blue yang lahir pada 30 Januari 2017 di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor, Jawa Barat. Bobot lahirnya mencapai 62,5 kg. Bobot itu jauh lebih tinggi ketimbang bobot sapi besar lain menyerupai simental, sekitar 42 kg. Gatotkaca merupakan satu-satunya sapi berdarah murni belgian blue yang lahir melalui teknologi transfer embrio.


Sapi belgian blue digadang-gadang sebagai sapi unggul pedaging yang memiliki laju pertumbuhan cepat dalam waktu relatif singkat. Pada umur 2 tahun, sapi belgian blue sanggup berbobot 1,5 ton. Gatotkaca yang memilii induk sapi adajio debray dan sapi fripouillde itu, belum genap sebulan pascalahir sudah menembus bobot 74 kg. Pada Agustus 2017, bobotnya menyentuh angka 207,5 kg.


Balai Embrio Ternak berafiliasi dengan PT Lembu Biru mendatangkan sel telur dan sperma belgian blue terbaik dari negara asal sapi itu, Belgia. Ke depan pedet alias anakan sapi jantan belgian blue itu sanggup menjadi induk yang mewariskan genetik sapi bobot besar. Tujuannya agar swasembada daging sapi tercapai.


Belum ada Komentar untuk "Jambore Peternakan Nasional 2017 (2): Sapi Belgian Blue"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel